Polisi Tetap Tindaklanjuti Kasus Partai Hanura KSB

Taliwang (Suara NTB) – Polres Sumbawa Barat (KSB) saat ini tengah mempelajari laporan pengaduan yang dilayangkan oleh ketua PC Pemuda Hanura KSB belum lama ini. Bahkan pihaknya menyatakan akan tetap menindak lanjuti laporan pengaduan yang dilayangkan tersebut.

Kapolres Sumbawa Barat yang dikonfirmasi Suara NTB melalui Kasat Reskrim Iptu I Putu Agus Indra Permana, S.IK, Jumat, 23 September 2016 menyebutkan, menindak lanjuti perihal dugaan penyelewengan dana bantuan hibah partai Hanura tersebut, pihaknya dalam hal ini akan meminta data dari Dinas Pengelolan Pendapatan dan Keuangan Daerah (DPPKD) KSB. Mengingat jumlah uang yang dilaporkan adanya dugaan penyelewengan tersebut sekitar Rp 35 juta. Selain itu, pihaknya juga harus mengetahui prosedur pengawasan pencairan dana tersebut. Dalam hal ini pihaknya juga akan melibatkan Inspektorat, apakah pencairannya sudah sesuai yang disertakan dengan laporan pertanggung jawaban atau tidak.

Iklan

Disebutkannya, sampai dengan sejauh ini pihaknya sudah meminta klarifikasi dari pelapor Masjayadi Manca. Selain itu, pelapor juga sudah membawa melengkapi dokumen yang dibutuhkan oleh penyidik. Mengingat sebelumnya pihaknya masih kekurangan bahan keterangan dalam kasus ini. “Kita sudah meminta keterangan kepada para pelapor. Bahkan pelapor juga sudah melengkapi berkas yang kami minta,” ungkapnya. Sebelumnya, Ketua Pengurus Cabang Pemuda Hanura Sumbawa Barat Masjayadi Manca melakukan pelaporan terkait dengan adanya dugaan penyelewengan terhadap penggunaan dana bantuan partai politik tahun anggaran 2015 lalu. Bantuan yang diperuntukkan untuk pendidikan Politik dan administrasi partai tersebut diduga tidak jelas. Pasalnya hasil pantauan yang dilakukan di lapangan pada tahun tersebut (2015) partai Hanura tidak pernah melaksanakan pendidikan politik. Sesuai dengan apa yang diamanahkan dalam penggunaan dana tersebut. (ils)