Polisi Tangkap Tujuh Terduga Pengebom Ikan di Sape

Para terduga pelaku pengeboman ikan di perairan Sape, saat diamankan di Mapolres Bima Kota, Minggu, 1 Agustus 2021.(Suara NTB/Polres Bima Kota)

Bima (Suara NTB) – Tujuh pelaku pengeboman ikan di perairan Sape Kabupaten Bima, berhasil ditangkap Satpol Airud Polres Bima Kota, Sabtu, 31 Juli 2021. Mereka Hs (52) An (18) Ab (16) Da (17) Hm (18) Sp (18) dan Fi (17). Dari tangan para pelaku polisi menyita belasan jerigen berisi bahan peledak.

Kasubbag Humas Polres Bima Kota, Iptu Jufrin dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 1 Agustus 2021 membenarkan adanya penangkapan tujuh orang pelaku pengeboman ikan tersebut.

Iklan

Penangkapan bermula dari giat patroli yang digelar jajaran Satpol Airud Polres Bima Kota pada sabtu siang kemarin. Saat menyisir wilayah perairan Sape, anggota mendapati sejumlah nelayan yang tengah menangkap ikan menggunakan bom berdaya ledak tinggi dan sedang. “Terhadap tujuh orang itu langsung diamankan ke Pos Polairud Sape,” ungkapnya.

Selain mengamankan tujuh pelaku yang merupakan warga Kecamatan Sape dan Lambu Kabupaten Bima. Satpol Airud menyita sejumlah barang bukti, antara lain 17 jerigen besar berisi bahan peledak, 1 unit kompresor berikut 3 buah selang penghubung, rangkaian kabel, 5 buah sepatu katak, 1 buah kacamata selam, 6 buah serok ikan dan 2 boks berisi ikan hasil pengeboman.

Selain bom berdaya ledak tinggi, lanjut Jufrin, anggota juga mengamankan 7 buah botol kaca dan 2 botol air mineral berisi bahan peledak, termasuk 7 buah baterai ukuran besar. “Barang bukti ini digunakan para pelaku untuk melancarkan aksi di wilayah perairan,” jelasnya.

Berbekal temuan di atas, ketujuh pelaku langsung digiring ke Mapolres Bima Kota untuk pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut. Menurutnya, aksi semacam ini bertentangan dengan hukum, sebab mengancam keberlangsungan terumbu karang dan biota laut di wilayah perairan Sape. “Serah terima tersangka kemarin berjalan aman. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional