Polisi Musnahkan Miras Sitaan Malam Tahun Baru

Personel Sat Sabhara Polres Sumbawa memusnahkan barang bukti miras dengan cara ditumpahkan ke tanah.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Polres Sumbawa melakukan pemusnahan barang bukti puluhan botol minuman keras (miras) hasil kegiatan cipta kondisi di malam pergantian tahun baru 2021. Pemusnahan dilakukan dengan cara ditumpahkan ke tanah di lahan kosong sekitar wilayah Kebayan, Kecamatan Sumbawa, Selasa, 12 Januari 2021.

Kapolres Sumbawa melalui Kasubbag Humas,  AKP Sumardi, S. Sos menyebutkan,  barang bukti miras berbagai jenis yang dimusnahkan tersebut sebanyak 83 botol.  Miras tersebut merupakan hasil kegiatan cipta kondisi Sat Sabhara Polres Sumbawa terkait Tindak Pidana Ringan (Tipiring) beberapa waktu lalu. Disita dari salah satu masyarakat yang beralamat di Gang Mamak, RT 06 RW 02 Kelurahan Uma Sima, Kecamatan Sumbawa. Pemilik miras diproses dengan dengan diajukan sidang Tipiring di Pengadilan Negeri Sumbawa. “Sesuai dengan hasil keputusan sidang di Pengadilan Negeri Sumbawa bahwa tersangka dinyatakan bersalah dan dihukum dengan pidana denda sebesar satu juta rupiah serta menetapkan barang bukti miras untuk dimusnahkan” ucapnya.

Dijelaskannya, kegiatan pemusnahan miras ini merupakan implementasi dari program Kapolri dalam hal pemeliharaan kamtibmas. Salah satunya dengan pemberantasan segala bentuk penyakit masyarakat termasuk salah satunya tentang peredaran miras. (ind)