Polisi Gerebek Transaksi Narkoba di Praya Tengah

Satresnarkoba Polres Loteng saat menggerebek rumah tempat transaksi narkoba. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Aparat Satresnarkoba Polres Lombok Tengah (Loteng), menggerebek sebuah rumah yang diduga tempat transaksi narkoba untuk wilayah Kecamatan Praya Tengah. Pemilih rumah beserta sejumlah barang bukti berupa narkoba jenis sabu-sabu berhasil diamankan dalam penggerebekan tersebut. Terduga pelaku ES (37) asal Desa Batunyale pun kini sudah diamankan di Mapolres Loteng, untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut.

Kasat Resnarkoba Polres Loteng, Iptu Hizkia Siagan, SIK., Jumat, 25 September 2020 mengungkapkan, penggerebekan dilakukan sekitar pukul 18.00 wita. Sebelumnya, polisi mendapat informasi kalau rumah milik terduga pelaku sering dijadikan lokasi transaksi narkoba. Di mana terduga pelaku sekaligus sebagai pengedarnya.

Iklan

Polisi kemudian bergerak menuju rumah milik terduga pelaku, setelah memastikan informasi yang diterima benar-benar valid. Sesampainya di rumah yang dituju, tim Cobra Satresnakorba Polres Loteng langsung masuk. Pelaku saat itu memang tengah berada didalam rumah.

Kedatangan aparat kepolisian secara tiba-tiba membuat terduga pelaku tak berkutik. Kendati sempat mengelak, namun terduga pelaku harus mengakui perbuatannya setelah dari hasil penggeledahan badan ditemukan dua paket narkoba jenis sabu-sabu masing-masing seberat 2,21 gram dan 1,24 gram. Sehingga total narkoba yang ditemukan seberat 3,45 gram.

Paket narkoba tersebut diduga hendak diedarkan di wilayah Kecamatan Praya Tengah dan sekitarnya. “Saat kita lakukan penggeledahan, disaksikan langsung oleh kepala dusun setempat,” terang Hizkia.

Tidak hanya narkoba, di lokasi rumah terduga pelaku polisi juga mengamankan beberapa barang bukti yang terkait narkoba. Seperti alat hisap narkoba dan barang bukti lainnya. Jadi selain sebagai pengedar, terduga pelaku juga pengguna narkoba. “Seluruh barang bukti yang ditemukan, saat ini sudah kita amankan di Mapolres Loteng,” tambahnya.

Selain itu, pada Jumat, 25 September 2020 dini hari kemarin, tim Cobra Satresnarkoba Polres Loteng juga mengamankan B (39) warga Desa Loang Make Kecamatan Janapria. Diamankan di jalan raya desa setempat setelah mendapat laporan dari anggota patroli Polsek Praya Timur. Dari tangan terduga pelaku polisi mengamankan narkoba jenis sabu-sabu seberat 1,70 gram.

Hizkia menambahkan, sampai bulan ini total sudah ada sekitar 20 kasus dugaan peredaran narkoba yang diungkap pihaknya. Kondisi tersebut menunjukkan kalau peredaran narkoba di Loteng sudah cukup memprihatinkan. Kendati barang bukti yang ditemukan masih sedikit. Tapi jumlah kasusnya cukup banyak. (kir)