Polisi Gagalkan Penyelundupan Gas Bersubsidi

Mataram (suarantb.com) – Tim Penyidik Unit Tipidter Polres Mataram berhasil menggagalkan penyelundupan gas LPG bersubsidi 3 kg. Upaya penyelundupan gas bersubsidi berkat informasi masyarakat yang mengatakan ada upaya penyelundupan gas bersubsidi dari Mataram menuju Sumbawa.

Menerima informasi masyarakat, polisi bergegas memeriksa kendaraan truk bernopol DR 8784 AA di jalan raya depan Polsek Narmada, saat akan berangkat ke Sumbawa, Rabu 27 Juli 2016. Dari pemeriksaan, truk tersebut diketahui mengangkut gas LPG 3 kg sebanyak 400 tabung.

Iklan

Supir truk berinisial B (34) dan pemilik tabung berinisial AH (50) diamankan polisi dan dijadikan tersangka. Keduanya hingga kini ditahan di Mapolres Mataram. Sementara barang bukti yang berhasil diamankan yakni, 400 tabung gas 3 kg dan 1 unit kendaraan truk bermerek Hyundai berwarna biru, dengan nopol DR 8784 AA.

Kasatreskrim Polres Mataram, AKP Haris Dinzah SH SIK mengatakan modus yang digunakan pelaku dengan menutupi kendaraan truk menggunakan barang-barang ekspedisi seperti buku dan dus air mineral, sehingga dapat mengelabui petugas.

“Modusnya mereka, ditutup oleh barang-barang ekspedisi di atasnya, sehingga bisa mengelabui Aparat Kepolisian di wilayah perjalanan yang mereka lewati,” ujarnya di sela ekspos tersangka di Mapolres Mataram, Senin, 8 Agustus 2016.

Menurut Haris, pelaku telah satu tahun menjalankan bisnisnya. Setiap minggunya satu sampai dua kali pengiriman dilakukan. Sesampai di Sumbawa, pelaku kemudian menjualnya ke toko-toko.

“Kemudian diecer lagi di toko-toko. Satu tabung saja keuntunganya Rp 8000 sampai Rp 10.000. Keuntungannya bisa mencapai Rp 40 juta sebulan, itu pun kalau seminggu dua kali (pengiriman),” jelasnya.

Sementara kedua pelaku diancam dengan pasal 55 atau pasal 53 huruf b undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan pidana penjara paling lama 4 hingga 6 tahun dan denda paling tinggi Rp 40 sampai Rp 60 miliar. (szr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here