Polisi Buru Jaringan Peredaran Obat Terlarang

Satresnarkoba Polres Lotim melakukan konferensi pers pemusnahan obat terlarang, Rabu, 29 September 2021. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Satuan Reserse Narkotika dan Obat-obatan (Satresnarkoba) Kepolisian Resort (Polres) Lombok Timur (Lotim) memburu  jaringan peredaran obat-obatan terlarang. Dari hasil operasional di lapangan, tim sudah berhasil menemukan dua jenis obat-obatan terlarang merek tramadol dan Trihexyphenidyl yang beredar di Lotim. Obat-obatan itu pun langsung dimusnahkan.

Kapolres Lotim, AKBP Herman Suriyono, SIK  melalui Kepala Bagian Perencanaan (Kabagren), Kompol. Ahmad Sutarman, saat menggelar konferensi pers, Rabu, 29 September 2021 mengatakan aparat kepolisian saat ini masih memburu para pelaku.  “Dari mana dan ke siapa paketan yang berisi Tramadol dan Trihexyphenidyl masih dalam tahap penyelidikan,” terangnya.

Iklan

Pihaknya meminta warga Lotim waspada dan lebih ketat mengawasi anak-anaknya. Alasannya, dari hasil operasi generasi muda saat ini tengah diintai peredaran obat-obat keras dan dilarang beredar.

Bukti peredaran obat-obatan terlarang diketahui setelah Satresnarkoba Polres Lotim membongkar jaringan obat terlarang ini yang diduga dikirim dari Tangerang, Provinsi Banten. Ditemukan 300 butir tramadol dan Trihexyphenidyl 350 butir. “Sayangnya, obat-obatan tersebut belum diketahui siapa pengirim dan penerimanya,” terangnya.

Dijelaskannya, orang yang kecanduan obat Tramadol ini dapat menyebabkan mual, muntah, sembelit, pusing, dan sakit kepala yang bisa terjadi kapan saja. Lebih parahnya lagi, obat ini juga dapat menyebabkan penurunan fungsi otak hingga kematian bila dosisnya sudah sangat berlebihan. Pihak kepolisian, lanjutnya, sudah melakukan pemeriksaan pihak ekspedisi selaku kurir pengiriman.

Selain obat terlarang, polisi kemarin juga memusnahkan barang bukti narboba jenis  sabu sekira 192 gram. Barang bukti ini diamankan dari pengedar narkoba bernama RF yang diamankan di Desa Jenggik  Kecamatan Terara beberapa waktu lalu. (rus)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional