Polisi Amankan Dua Truk Bermuatan Kayu

Truk bermuatan kayu diduga hasil pembalakan liar saat diamankan di Mapolsek Kempo, Jumat, 19 Februari 2021.(Suara NTB/Polres Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Dua unit truk bermuatan kayu Raju Mas yang diduga hasil pembalakan liar, berhasil diamankan polisi. Tepatnya di jalan raya depan Mapolsek Kempo, Kamis, 18 Februari 2021 Pukul 23.00 Wita.

Kapolsek Kempo, Iptu Zuharis melalui Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah kepada Suara NTB, Jumat, 19 Februari 2021 menyampaikan, truk bermuatan kayu olahan dalam bentuk balok tersebut, dicegat polisi lantaran dicurigai merupakan hasil pembalakan liar dari dalam kawasan hutan negara. “Melihat truk melintas dengan muatan kayu terbungkus terpal, anggota kemudian mencegatnya untuk pemeriksaan,” ungkapnya.

Iklan

Mendapati muatan truk yang dikemudi AJ (26) dan Dh (57) berisi ratusan balok kayu, jajaran kemudian memutuskan untuk melakukan pengamanan, hal itu berkenaan dengan Surat Edaran (SE) Gubernur NTB tentang penghentian pengangkutan kayu di wilayah NTB.

Tak berhenti disitu, anggota bahkan sampai melakukan pemeriksaan terhadap dokumen pengangkutan. Dalam proses ini, lanjut Hujaifah, terungkap adanya perbedaan surat-surat dengan muatan kayu yang hendak dibawa menuju wilayah Bima. “Karena hasil pengecekan tidak sesuai antara muatan dan surat yang dipegang supir, truk dengan Nopol EA 8680 NZ dan EA 8656 MZ langsung kami tahan,” jelasnya.

Dengan menguatnya dugaan bahwa truk tersebut membawa kayu hasil pembalakan liar dari kawasan hutan lingkar tambora, Polsek Kempo berencana melimpahkannya ke Mapolres Dompu untuk proses hukum lebih lanjut. Termasuk dua orang supir inisial Aj dan Dh. Dan langkah penindakan semacam ini masih akan terus berlanjut sesuai dengan edaran Pemprov NTB. “Sekarang barang bukti dan supir masih di Polsek. Rencananya segera dilimpahkan ke mapolres,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional