Polda Siapkan Vaksinator

Erwin Zainul Hakim. (Suara NTB/why)

Polda NTB menyiapkan 250 tenaga vaksinator vaksin Covid-19. Pemberian vaksin Covid-19 ini sedini mungkin disiapkan simulasinya. Tujuannya agar vaksinasi berhasil sekaligus tidak menimbulkan konflik sosial.

‘’Yang akan divaksinasi Nakes (tenaga kesehatan) prioritas pertama. Personel nanti gelombang kedua,’’ ujar Kabid Dokkes Polda NTB Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim, Senin, 4 Januari 2021.

Dia menjelaskan, sebanyak 250 tenaga vaksinator Polda NTB telah menjalani pelatihan dan simulasi. Potensi kendalanya yakni penerima vaksin yang tidak jujur terhadap kondisi kesehatannya.

‘’Itu di screeningnya. Yang mau divaksin harus jujur. Misalnya dia komorbid. Harus cerita. Jangan sampai nanti dia kondisinya parah tapi tetap mau divaksin karena semata hanya mau divaksin,’’ jelasnya.

Secara umum ketentuannya, sambung dia, penerima vaksin merupakan kategori usia 18-59 tahun, tidak sedang demam, bukan wanita hamil. Tidak sedang menyusui, dan kondisi gula darah dan tekanan darah terkontrol. ‘’Kalau tidak terkontrol disarankan untuk tidak divaksinasi dulu,’’ ucap Erwin.

Erwin menambahkan, pola pemberian vaksinnya. Yakni penerima vaksin terdaftar dalam Primary Care BPJS Kesehatan. Selanjutnya, apabila penerima vaksin sudah terdaftar, maka nantinya akan mendapat SMS mengenai tempat vaksinasinya.

Pada saat proses vaksinasi pun, penerima vaksin tidak serta merta dapat langsung divaksin. ‘’Kalau ada yang reaktif, kita treatment dulu seminggu di rumah. Kita periksa negatif, baru mereka bisa masuk vaksin,’’ jelasnya.

Vaksin Sinovac diberikan dalam dua dosis. Dosis kedua diberikan dalam jangka waktu dua minggu setelah dosis pertama. “Selama semua sesuai normatifnya, Insya Allah proses vaksinasi aman,” tandas Erwin.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menambahkan, vaksin untuk NTB dijadwalkan tiba pada Selasa, 5 Januari 2021. Proses vaksinasinya akan berlangsung paling cepat April nanti. “Kita kerahkan personel untuk pengawalan distribusi vaksin ini,” tegasnya. (why)