Polda NTB Wadahi Orasi Unjuk Rasa dalam Lomba

0
Aksi para peserta lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 di Polda NTB, Sabtu, 4 Desember 2021.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB sejalan dengan Mabes Polri dalam memberikan edukasi tentang tata cara penyampaian pendapat di muka umum. Orasi unjuk rasa dibuatkan dalam wadah lomba. Pemenangnya mewakili NTB di tingkat nasional. “Ini sebagai bentuk menghargai aspirasi masyarakat dalam menyampaikan pendapat,” ucap Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto Sabtu, 4 Desember 2021.

Hal itu, sambung dia, merupakan lanjutan dari komitmen pelaksanaan pasal 28 UUD 1945 dan UU RI No9/1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. Lomba orasi unjuk rasa sudah menemukan pemenangnya. Lomba dengan tema ‘Peringatan Hari HAM” ini di tingkat nasional memperebutkan Piala Kapolri 2021.

IKLAN

Peserta lomba untuk seleksi wilayah Polda NTB, sebut Artanto, sebagian besar dari kalangan pemuda. Orasi unjuk rasa yang ditampilkan memberi gambaran semangat tinggi pemuda NTB dalam meneruskan pembangunan daerah. Peraih juara pertama dalam kompetisi tingkat daerah ini dari kelompok pemuda yang membawa nama Ikatan Pemuda Agresif. Aksi mereka yang berhasil mengalahkan delapan tim ini mengangkat tema peran dan perhatian pemerintah terhadapa persoalan lingkungan hidup.

Juara kedua diraih oleh kelompok Iqmal Squad dengan orasi perihal pelecehan seksual. Juara ketiga diraih kelompok pemuda dari Pembela Kebenaran dengan orasi pelanggaran HAM yang terjadi dalam konflik di Palestina. Dalam lomba ini, juara pertama meraih Rp5 juta, posisi kedua mendapatkan Rp3 juta dan ketiga menerima Rp2 juta. Untuk peserta yang ikut dalam nominasi ini juga meraih penghargaan dalam bentuk uang tunai Rp500 ribu.

Untuk selanjutnya, dokumentasi video orasi dari peraih juara pertama dikirim ke Mabes Polri. Pemenang pertama ini yang mewakili NTB untuk berkompetisi merebutkan nominasi 10 besar terbaik skala nasional. (why)