Polda NTB Tangkap Pengunggah Hoaks Virus Corona

Tersangka SB yang diduga membuat unggahan hoaks virus Corona (ketiga kiri), Sabtu (22/3) lalu digiring penyidik Subdit II Siber Ditreskrimsus Polda NTB usai ditangkap di rumahnya di Bebuak, Kopang, Lombok Tengah. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Berselancar media sosial Facebook membuat SB alias EP (19) berurusan dengan polisi. Ihwalnya, pemuda Kopang, Lombok Tengah ini membuat unggahan terkait virus Corona. Tak tanggung-tanggung, dia mengabarkan tiga orang meninggal dunia akibat covid-19.

“Padahal itu kabar hoaks yang tidak pasti. Kabar yang tidak lengkap sumbernya atau hoaks,” beber Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto didampingi Kasubdit II Siber Ditreskrimsus Polda NTB Kompol Yusuf Tauziri, Sabtu, 22 Maret 2020.

Iklan

SB kini sudah ditetapkan sebagai tersangka atas pelanggaran UU ITE. Sebabnya, unggahan di media sosial Facebook dua pekan lalu dengan akunnya bernama Kecill Oi. Warga Desa Bebuaq ini tidak memverifikasi informasi yang diterimanya lewat SMS. “SMS dari nomor tidak dikenal. Ini sedang kita dalami siapa pengirim SMS tersebut,” kata Artanto. SMS itu langsung disalin mentah-mentah.

Isi unggahan dalam bentuk status itu yakni bahwa SB mengabarkan virus Corona sudah sampai Lombok dengan tiga korban. Selain yang dibawa ke rumah sakit, SB juga mengabarkan jatuhnya korban meninggal dunia. Unggahannya kini sudah dihapus.

“Pelaku sengaja memposting berita itu dengan niat masyarakat lainnya mengetahui adanya Virus Corona di Pulau Lombok dan dapat waspada. Padahal itu adalah informasi yang tidak benar,” jelasnya.

Tersangka SB diproses pidana sesuai dengan sangkaan pasal 28 ayat 1 UU No 19/2016 tentang perubahan atas UU RI No 11/2008 tentang ITE. Ancaman hukumannya penjara paling lama enam tahun dan denda maksimal Rp1 miliar.

“Kami mengimbau masyarakat agar mencari informasi yang resmi tentang virus Corona dari pemerintah. Isu virus Corona ini sangat sensitif sehingga informasi menyesatkan akan membuat masyarakat resah,” pungkasnya. (why)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional