Polda NTB Tangkap Pelaku Penipuan Penjualan Tiket Online

Mataram (suarantb.com) – Subdit II Unit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda NTB berhasil menangkap pelaku penipuan penjualan tiket wisata online. Pelaku diketahui berinisial AG (27) asal Dusun Rembiga Dasan Lekong, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Selasa, 25 Oktober 2016.

Pelaku ditangkap saat handak mengambil uang kasil penipuannya di salah satu ATM di kawasan Senggigi. Pelaku saat itu juga menginap di salah satu hotel di Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat.

Iklan

Kasubdit II Unit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda NTB, AKBP Darsono Setyo Adjie, mengatakan modus yang digunakan pelaku dengan membobol website milik PT Pemayar Rempa Wanua Cabang Lombok. Kemudian mengoperasikan website tersebut dengan menipu korban yang hendak membeli tiket wisata. PT tersebut diketahui merupakan perusahaan yang bergerak pada jasa promo wisata di NTB.

“Pelaku merupakan mantan karyawan di PT tersebut. Tapi saat itu pelaku dipecat perusahaan. Kemudian pelaku menjalankan aksinya membobol website perusahaan, karena email untuk menjalankan website tersebut menggunakan email pelaku,” ujarnya saat ditemui di Mapolda NTB.

Pelaku sebelumnya dipecat perusahaan karena diduga melakukan penggelapan uang perusahaan.

“Dia dipecat dulu karena gelapkan uang perusahaan. Tapi perusahaan berbaik hati tidak membawanya melalui jalur hukum,” ungkap Kepala Cabang PT Pemayar Rempa Wanua Cabang Lombok, Hayatullah.

Polisi kemudian melakukan penggeledahan di kos pelaku di Dusun Rembiga Dasan Lekong, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram. Ditemukan satu kartu debit BNI, satu kartu Mentari, satu kartu Telomsel, dan kwitansi pembayaran.

Pelaku diancam pasal 30 ayat (2) dan pasal 28 ayat (1) undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pelaku diancam hukuman 7 tahun penjara. Pelaku kini ditahan di Mapolda NTB. (szr)