Polda NTB Segera Naik Kelas

Mataram (Suara NTB) – Kenaikan tipe Polda NTB menjadi tipe A sudah di depan mata. Tantangan kondusivitas daerah yang meningkat disikapi dengan peningkatan kinerja berikut sarana dan prasarananya.

Asisten Kapolri Bidang Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Polri, Irjen Pol Bambang Sunarwibowo, Kamis, 7 September 2017 mengatakan, dinamika pembangunan NTB kekinian berpengaruh pada kesiapan kepolisian daerahnya.

“Kondisi politik, ekonomi, keamanan itu berpengaruh, yang dibutuhan adalah kesiapan. Menghadapi dan mengantisipasi hal tersebut, maka perlu Polda NTB naik tipe,” ujarnya didampingi Kapolda NTB, Brigjen Pol Firli.

Pemenuhan kriteria dan kelengkapan persyaratan Polda NTB untuk naik tipe, lanjut dia, saat ini sedang dalam proses tahap kajian akhir.

Namun, pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk memverifikasi. Hasil verifikasi itu nantinya akan dikaji kembali di Kementerian Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Polda NTB dari kriteria dan persyaratan punya peluang naik tipe. Namun harus ada dokumen lagi yang harus dilengkapi. Nanti keputasannya dari Presiden,” terangnya.

“Secara umum Polda NTB memenuhi kriteria,” imbuh perwira tinggi Polri kelahiran Malang, Jatim yang memiliki keluarga besar di Mataram itu.

Sementara Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan kegembiraannya atas peluang kenaikan tipe Polda NTB.

Menurutnya, Pemprov NTB memiliki kepentingan yang besar atas hal itu. “Pemda sangat berkepentingan, melihat luas wilayah kita, jumlah penduduk, potensi ekonomi, dan tingkat kerawanannya,” ujarnya.

Politisi Partai Nasdem itu menyebutkan, NTB memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua se-Indonesia dari catatan semester akhir 2016, yakni 5,89 persen. Pun demikian dengan tingkat pertumbuhan industri pariwisata yang mencapai 21,49 persen.

“Ini sangat tinggi sehingga memerlukan keamanan dan ketertiban. Inilah peran Polda NTB dengan bersinergi bersama pemerintah daerah,” kata Amin.

Peningkatan tipe itu, kata Wagub, dapat memastikan jaminan keamanan dan ketertiban di NTB, yang eksesnya membawa jaminan investasi di berbagai sektor yang kini berkembang pesat seperti pariwisata.

“Angka kriminalitas bisa ditekan maka keamanan berjalan baik. Investasi akan terus tumbuh,” pungkasnya.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Selasa, 5 September 2017 sebagaimana dikutip dari Antara menyebutkan, tiga Polda akan segera naik tipe yakni Polda Jambi, Polda Kalsel, dan Polda NTB, dan satu polda baru, Polda Kalimantan Utara. (why)