Polda NTB Bongkar Budidadaya Ganja, Ladang Ganja Dalih Pengobatan Sakit Lever

Polda NTB menggerebek rumah di Senteluk, Batulayar, Lombok Barat yang dijadikan tempat persemaian tanaman ganja, Jumat, 27 Agustus 2021. Tanaman ganja ini kemudian dibesarkan pada lahan seluas 12 are di Teloke, Batulayar, Lombok Barat.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) –Polda NTB membongkar praktik budidaya tanaman ganja di lahan seluas 12 are. Pohon ganja ini ditutupi dengan tanaman ubi. Ganja di Teloke, Batulayar, Lombok Barat ini sudah dipanen satu kali. Pemiliknya berdalih untuk pengobatan. Padahal sebenarnya diperjualbelikan.

Dirresnarkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra mengatakan, pihaknya membongkar praktik ini pada Jumat, 27 Agustus 2021 dini hari. Pria berinisial BB (52) ditangkap. “Kita masih telusuri dari mana dia dapat bibit ganja ini,” ujarnya. Dari interogasi sementara, BB mengaku ganja yang ditanamnya itu dipakai untuk terapi. “Katanya untuk berobat, tapi dia jual kok. Pas anggota datang ke sana, dia tawari,” imbuh Helmi.

Iklan

Kasus ini terungkap dari penggerebekan BB di perumahan Griya Asri, Senteluk, Batulayar, Lombok Barat. BB sedang berada di rumah dengan istrinya. BB tidak mengira yang datang polisi. Tapi BB sudah terlanjur menawari tamunya itu untuk membeli sabu. Rumah itu kemudian digeledah. Tanaman ganja ditemukan di lantai dua. Bibitnya ditanam dalam plastik polybag. “Ada 14 pot polybag yang isinya 22 pohon ganja. Ada juga daun ganja yang sudah kering,” sebut Helmi.

Tanaman ganja pada plastik polybag ini sebagai tanaman bibit. Setelah umurnya cukup, tanaman ganja ini kemudian dipindahkan ke lahan milik BB di Teloke. Pada lahan seluas 12 are itu, sudah tumbuh 11 pohon ganja. “Ditutupi Ubi agar tidak ketahuan,” imbuhnya. Sementara BB saat diinterogasi mengaku menanam ganja ini baru beberapa bulan terakhir. Selain dipakai sendiri, ganja yang sudah dipanen dan dikeringkan juga dijual ke penyalahguna narkoba. “Saya jadikan obat karena saya sakit lever,” ucapnya. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional