Polda NTB Bentuk Tim Puma

Kapolda NTB, Mohammad Iqbal (kiri) mengecek kondisi senjata salah satu anggota Tim Puma, Jumat, 29 Mei 2020.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB membentuk tim khusus memberantas kejahatan konvensional. Namanya Tim Puma. Tim beranggota empat regu ini spesial untuk memburu pelaku 3C. Tren kriminalitas ditekan demi mempersiapkan NTB yang aman jelang gelaran MotoGP tahun mendatang.

‘’Tim Puma ini dibentuk melihat perkembangan Provinsi NTB. Terutama menjelang MotoGP tahun 2021 nanti,’’ ucap Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Jumat, 29 Mei 2020, saat memimpin peluncuran tim di Markas Polda NTB.

Iklan

Iqbal menambahkan, tim khusus tersebut dibentuk dengan tujuan menjamin supremasi hukum di tengah meningkatkan potensi gangguan keamanan. NTB sebagai daerah ramai kunjungan wisatawan. Seiring pula meningkat potensi kriminalitasnya.

‘’Potensi gangguan sangat jelas berpotensi terjadi. Untuk menjawab tantangan itu Tim Puma ini dibentuk di bawah komando Ditreskrimum untuk menghadirkan rasa aman,’’ sebut dia.

Kapolda menjelaskan, filosofi pemakaian nama Puma yang merupakan binatang jenis kucing besar asal China. Tim tersebut diharapkan memiliki kecepatan dan kecekatan yang sama seperti Puma dalam menindak pelaku kejahatan.

‘’Taktis, strategik, tangkas, trengginas terhadap lawan. Penggunaan excessive force yang tepat sehingga menjelma menjadi humanis dan memenuhi harapan masyarakat akan jaminan keamanan,’’ terang Iqbal.

Tim dibekali perlengkapan khusus. Mulai dari kendaraan lapis baja, rompi antipeluru, senjata laras panjang, sampai senjata mesin otomotis. Tim diberi mandat untuk tidak ragu menggunakan

‘’Ini saya garisbawahi, senjata ini untuk melindungi diri dan masyarakat ketika terancam. Tidak boleh lebih dari itu. Jangan arogan. Jadilah pelindung,’’ pesannya. (why)