Pola Pemberian Vaksin Dipermudah

Nakes di Lobar sedang divaksin. Vaksinasi nakes ditarget selesai bulan ini menyusul pola vaksinasi dipermudah. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Pola vaksinasi para tenaga kesehatan (nakes) di Lombok Barat (Lobar) dipermudah. Nakes yang masuk data di Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Kementerian Kesehatan boleh divaksinasi. Nakes juga bisa divaksinasi sesuai tempat bekerja. Dengan dipermudahnya pola vaksinasi ini, target vaksinasi nakes selesai bulan ini bisa dicapai.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) pada Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar dr. Ahmad Taufiq Fathoni mengatakan vaksinasi sudah mulai cepat. “Karena pola (sistem) diubah. Nakes yang penting masuk data di SDMK pusat, maka boleh divaksin. Dan nakes bisa divaksin sesuai tempat kerjanya atau fasilitas kesehatan,”jelasnya, Rabu, 20 Januari 2021.

Iklan

Adanya, pola baru ini, maka nakes yang divaksin tidak perlu lagi menunggu SMS atau terdaftar di aplikasi Covid-19 Peduli. Nakes juga tidak perlu susah lagi, karena bisa divaksin sesuai dengan tempat kerjanya. Sebelumnya banyak keluhan para nakes yang divaksin di fasilitas kesehatan lain, karena terdaftar di aplikasi. Keluhan dari para nakes inilah yang ditindaklanjuti oleh pemerintah, sehingga polanya diubah.

Karena itu mulai Rabu, 20 Januari 2021, pihaknya mendorong puskesmas untuk melakukan vaksinasi sebanyak-banyaknya terhadap nakes. Maksimal dalam sehari itu bisa 20 orang. “Sehingga dalam dua minggu ke depan nakes ini habis (divaksin), karena yang banyak hanya di rumah sakit saja,” imbuh dia.

Sampai dengan Rabu kemarin, sebanyak 444 orang nakes sudah divaksin. Itu artinya, tinggal  1.956 orang nakes ditarget selesai dalam waktu satu dua pekan ke depan. Pihaknya pun terus melakukan evaluasi setiap hari. Meskipun perubahan pola vaksinasi, namun mekanisme droping vaksin tetap seperti sebelumnya. Dalam hal ini, vaksin yang didroping tidak sekaligus. Namun sesuai dengan jumlah nakes dan kebutuhan vaksinasi dua atau tiga hari ke depan. (her)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional