Pol PP KSB Amankan Ratusan Bungkus Tembakau Tanpa Cukai

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berhasil mengamankan ratusan bungkus tembakau tanpa cukai yang beredar bebas di wilayah setempat. Pengungkapan terhadap tembakau tanpa cukai tersebut dilakukan setelah sebelumnya tim operasi yang terdiri dari Sat Pol PP, Bea Cukai, Bagian Hukum, dan Bappeda Sumbawa Barat turun lapangan untuk memantau masalah ini.

Plt Kepada Dinas Sat Pol PP Sumbawa Barat Agus Hadnan S. Pd, Senin, 18 September 2017 mengatakan, ratusan tembakau yang diamankan tersebut, saat ini masih didalami. Termasuk memanggil distributor untuk memberikan gambaran terkait asal muasal dari tembakau ini.

Iklan

Selain itu, pihaknya juga belum bisa melakukan upaya penyitaan, melainkan baru dilakukan upaya penitipan saja di kantor dinas terkait terhadap tembakau ini. Mengingat barang ini (tembakau) pada hakikatnya dan aturannya sudah dianggap legal, tetapi karena diduga melanggar cukai hanya itu yang dipermasalahkan oleh tim operasi.

“Tembakau ini kita sita untuk sementara waktu sembari menunggu izinnya selesai. Mengingat distributor tengah mengurus proses perizinannya,” ungkapnya. Ketika izinnya sudah ada maka tembakau ini akan kembali diserahkan kepada pemiliknya.

Ditemui terpisah, Kabid Ekonomi Bappeda Sumbawa Barat Mars Anugriansyah, S.Hut, M.Si, mengatakan, operasi ini dilakukan sebagai salah bentuk upaya untuk meminimalisir beredarnya tembakau dengan cukai Palsu di wilayah setempat. Hanya saja dalam operasi tersebut, bukan kepada pedagang tembakau ini, melainkan kepada distributor. Karena yang menyebabkan kerugian negara adalah yang cukup besar adalah pihak produsen dan distributor.

“Kita atensikan masalah ini karena kerugiaan negara akibat cukai palsu ini sangat besar. Makanya kita turun untuk melakukan pemantaun lapangan,” tandasnya. Ia menambahkan, pihaknya juga tetap akan melakukan sosialisasi terhadap masalah ini, sebagai upaya menekan peredaran rokok dengan cukai ilegal di Sumbawa Barat. (ils)