Pokir Dewan Dititip di PUPR Kota Mataram Rp 35 Miliar Lebih

Mataram (Suara NTB) – Seperti tahun – tahun sebelumnya program pokok – pokok pikiran (Pokir) Dewan lebih berorientasi ke pekerjaan fisik. Buktinya,  ratusan paket program aspirasi senilai Rp 35 miliar lebih dititip di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Item pekerjaanya seperti perbaikan irigasi, drainase, rumah ibadah, perbaikan talud dan lain sebagainya. Anggaran perbaikan bervariasi tergantung volume pekerjaan. Polanya dengan sistem penunjukan langsung.

Iklan

“Ndak ada pokir yang tender. Pengerjaan PL semua,” jawab Kadis PUPR Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura.

Mahmuddin mengklarifikasi bahwa program yang masuk ke dinas tidak lagi pokir, tapi masuk menjadi program dinas yang disinkronkan dengan aspirasi masyarakat. “Kebutuhan anggaran Rp 500 juta jadi dikerjakan setengah dulu,” ucapnya.

Diketahui, banyak program PUPR juga menyentuh perbaikan drainase, saluran dan lain sebagainya. Mahmuddin mengatakan, pihaknya mensinkronkan program aspirasi dengan dinas untuk menghindari tumpang tindih.

Pelaksanaan pokir tiap tahun dievaluasi. Terutama berkaitan dengan aliran kas agar jangan sampai pekerjaan dibayar di triwulan keempat.

Bagaimana dengan program pokir diduga Dewan yang membawa rekanan sendiri? Ditegaskan, sebisa mungkin pekerjaan fisik tidak diintervensi oleh siapapun. Pihaknya menyampaikan sesuai aturan, sehingga tidak mengambil risiko. (cem)