Pokdarwis Asal KSB Raih Penghargaan di ISTA 2019

Ketua Pokdarwis Alam Asri Jelenga, Sumbawa Barat saat menerima penghargaan Indonesia Penghargaan ISTA dari Kementerian Pariwisata di Jakarta, Jumat (27/9). (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga berhasil mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di tingkat nasional. Pokdarwis asal kecamatan Jereweh ini pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019 menyabet penghargaan pada kategori pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal.

Prestasi Pokdarwis Alam Asri Jelenga ini terbilang prestisius. Keberhasilannya mengelola pariwisata dengan pemanfaatan ekonomi masyarakat setempat oleh diganjar predikat level green (hijau) atau memuaskan. “Alhamdulillah pengelolaan pariwista kita oleh masyarakat sudah mendapat pengakuan di tingkat nasional,” kata wakil bupati Fud Syaifuddin, kepada Suara NTB, Jumat, 27 September 2019.

Iklan

Wabup yang turut mendampingi pengelola Pokdarwis Alam Asri Jelenga menerima penghargaan ISTA 2019 di hotel Ritz Charlton Place Hotel, Jakarta, Kamis (26/9) malam lalu itu, mengaku sangat bangga. Karena itu dirinya secara khusus memberikan selamat dan berharap ke depan capaian tersebut dapat ditingkatkan lagi. “Saya kira Alam Asri Jelenga ini luar biasa,” ujar Wabup.

Wabup mengatakan, keberhasilan Pokdarwis Alam Asri Jelenga itu dapat diikuti oleh pegiat-pegiat pariwisata lainnya yang ada di KSB. Wabup yakin ke depan akan lebih banyak lagi yang bisa menunjukkan diri di tingkat nasional. “Potensi kita pariwisata kita banyak. Maka kami berharap muncul pokdarwis-pokdarwis seperti Alam Asri itu,” katanya.

Selanjutnya Wabup menyampaikan, dalam upaya pengembangan pariwisata daerah Pemda membutuhkan dukungan secara luas dari masyarakat. Dukungan itu tidak sekadar dalam bentuk mengambil peran secara langsung sebagai pelaku pariwisata, tetapi juga dalam bentuk lain seperti melakukan pelestarian lingkungan sekitar. “Problem kita soal pariwisata masih banyak yang harus dibenahi. Misalnya soal kebersihan lingkungan. Dan masyarakat bisa ambil bagian dengan cara menjaga kebersihan,” cetusnya. (bug)

  Tiket MotoGP Mandalika Mulai Dijual November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here