Pohon Tumbang, Tiga Mobil Anggota Polres Lotim Ringsek

Pohon besar yang tumbang dan menimpa kendaraan yang parkir di depan Pura Jagadhita Mapolres Lotim. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB)-Pohon beringin besar di depan Pura Jagadhita Mapolres Lombok Timur (Lotim), sekira pukul 11.30 Wita, Senin, 6 Desember 2021, tumbang. Tiga mobil milik anggota Polres Lotim yang tengah parkir di bawah pohon tertimpa pohon hingga ringsek.
Saksi mata yang juga penjaga Pura Jagadhita Mapolres Lotim, Gusti Jelantik menututurkan pohon yang ditanam sekitar tahun 1984 silam tumbang setelah tertiup angin kencang dan hujan lebat. Tidak ada korban jiwa pada musibah itu. Para pemilik kendaraan sedang berada di dalam ruangan Mapolres Lotim.

Tiga kendaraan tersebut adalah satu unit Toyota Avanza, Mitsubishi Exvander Cross dan Toyota Kijang Kapsul. Selain itu, asrama anggota Polres Lotim ini turut tertimpa dahan hingga merusak bagian atap. Syukur tidak ada korban jiwa pada musibah ini karena pemilik rumah dan pemilik kendaraan sedang tidak di tempat kejadian.
Terlihat pohon yang sudah berusia lebih dari 37 tahun ini sudah rapuh. Sudah tidak ada lagi akar kuat yang bisa menopang pohon sehingga mampu bertahan dari terpaan angin.

Iklan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Lotim, Zaidar Rohman saat dikonfirmasi mengatakan banyak pohon-pohon di Lotim yang perlu di tata agar tidak membahayakan.
Dituturkan, sudah lama kegiatan pemangkasan dahan-dahan pohon besar ini dilakukan. Utamanya di pinggir-pinggir jalan raya yang rawan teradi kecelakaan akibat pohon tumbang. Hanya saja, pohon yang tidak disangka-sangka tumbang.
Musibah pohon tumbang ini terjadi tidak saja di Mapolres, tapi ada juga di Taman Rinjani Selong. Harapannya tidak ada lagi pohon tumbang. “Saking banyaknya kita tidak bisa pantau semua, kita berharap tidak ada lagi pohon tumbang,” demikian. (rus)

Advertisement