Pohon Besar di Samping Mataram Mall Roboh, Timpa Kendaraan

Mataram (Suara NTB) – Sebuah pohon di Jalan Cilinaya atau tepatnya samping Mataram Mall, roboh. Pohon itu menimpa kendaraan milik warga yang terparkir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Robohnya pohon berdiameter sedang itu sekitar pukul 11.00 wita. Posisi pohon membentang di tengah jalan menyebabkan arus kendaraan macet dari arah Cilinaya menuju Panca Usaha. Demikian pula sebaliknya.

Iklan

Petugas dari Bidang Pertamanan dan Ruang Terbuka Hijau Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman langsung melakukan evakuasi. Ranting serta pohon dipotong menggunakan mesin. Petugas cukup kewalahan mengingat arus kendaraan padat.

“Petugas sudah turun memotong pohon itu. Tidak ada korban jiwa. Pohon hanya menimpa kendaraan parkir di sana,” kata Nanang Edward Kepala Bidang Pertamanan dan RTH, Jumat, 13 Oktober 2017.

Tumbangnya pohon itu disebabkan oleh kontur tanah yang labil. Apalagi di kawasan itu pasokan air minim. Dari sisi usia, pohon itu terbilang masih jauh lebih muda jika dibandingkan pohon di Jalan Langko dan Pejanggik. “Ini termasuk muda. Di sana banyak pembangunan. Pasokan air sedikit,” paparnya.

Petugas tetap melakukan pengawasan termasuk perantingan. Tetapi perubahan cuaca saat itu perlu diantisipasi oleh masyarakat. Dari hasil monitoring terkait kondisi dan usia pohon. Paling rawan terjadinya tumbang di Jalan Langko dan Pejanggik.

Selain faktor usia, juga faktor cuaca bisa menyebabkan pohon rawan tumbang. Oleh karena itu, ia mengingatkan masyarakat terutama pengendara hati – hati parkir ataupun melintas. “Kita imbaulah supaya warga hati – hati. Tidak parkir di sembarang tempat,” imbauanya. (cem)