PLTMG Kapasitas 50 MW akan Pasok Listrik Bima-Dompu

Kota Bima (Suara NTB) – Satu dari tiga mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang dibangun PT PLN Persero UPP Sumbawa direncanakan segera beroperasi akhir bulan ini. Tiga mesin dengan kekuatan kapasitas daya 50 Megawatt (MW) itu untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Bima dan Dompu.

Demikian disampaikan Manager Bagian Proyek, PT PLN Persero UPP Sumbawa,  Agus Dwi Aprianto di lokasi PLTMG, Lingkungan Bonto Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota Kota Bima, Selasa, 11 Desember 2018.

Iklan

Dikatakannya tiga mesin PLTMG tersebut mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Kabupaten Bima dan Dompu serta Kota Bima. Saat ini diakuinya kebutuhan listrik masyarakat Bima dan Dompu sebanyak 46 MW.

“Sementara kapasitas daya tiga mesin PLTMG tersebut, 50 MW dan dari tiga mesin ini saja, kita kelebihan 4 MW daya,” ujarnya.

Menurutnya, progres pengerjaan dan pemasangan mesin baru tersebut sudah mencapai 94 persen. Saat ini sedang dalam tahap pengujian kehandalannya secara individual.

Hanya saja Agus menambahkan dari tiga unit mesin tersebut satu diantaranya sudah dipastikan akan mulai dioperasikan akhir tahun ini dengan kapasitas daya satu unit mesin ini 17 MW. “Setelah ujicoba ini, nanti akan dilanjutkan per unit dan sistem,” katanya.

Agus menegaskan, kehadiran tiga mesin baru tersebut diharapkan mampu menjawab kerisauan masyarakat Bima dan Dompu terhadap pemadaman listrik secara bergilir dalam waktu beberapa hari terakhir ini.

“Tapi yang perlu diingat, pemadaman bukan saja karena kurang daya. Tapi kalau terjadi gangguan, pasti akan terjadi pemadaman secara otomatis,” pungkasnya. (uki)