PLTD Paokmotong Terbakar, PLN Pastikan Jaringan Tak Terganggu

Inilah lokasi kebakaran di PLTD Paokmotong yang terbakar Selasa, 1 Desember 2020.(Suara NTB/BPBD Lotim)

Selong (Suara NTB) – Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Paokmotong, Kecamatan Masbagik mengalami kebakaran, Selasa, 1 Desember 2020. Penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penelusuran PLN maupun pihak kepolisian

 “Penyebab kebakaran PLTD di Paokmotong belum diketahui. Kita masih lakukan asesmen,” terang Kabid Darurat dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Iwan Setiawan.

Dijelaskannya, laporan kebakaran masuk pada pukul 08:31 wita dan selesai pada pukul 09:30 wita. Tidak ada korban jiwa luka-luka, sementara kerugian dari bencana tersebut masih dalam proses penghitungan. Sementara api berhasil dipadamkan dengan mengerahkan 3 unit mobil pemadam kebakaran pos A (Sukamulia) dengan 20 orang anggota.

Melihat potensi terjadinya kebakaran di wilayah Kabupaten Lotim, maka telah diaktifkan pos pemadam kebakaran di Kecamatan Terara, Keruak, Pringgabaya dan Sambelia. Sementara untuk Kecamatan Sembalun belum diaktifkan, karena masih kurangnya armada dan personel untuk ditempatkan di pos tersebut.

Menurut Iwan, sangat penting untuk aktivasi pos pemadam kebakaran tersebut untuk memenuhi SOP 15 menit sampai lokasi terjadinya kebakaran serta memudahkan koordinasi dan penanganan bencana lainnya.

Terpisah, Manajer PLN Rayon Selong, Riki Djatmika, menyebut bahwa kebakaran yang terjadi pada salah satu ruangan yang tidak terpakai. Dalam ruangan itu terdapat mesin sewa yang terpakai, sehingga dipastikan jika untuk jaringan tidak terganggu. (yon)