PLN Terus Dorong Penggunaan Kompor Induksi

Penggunaan kompor induksi. (Suara NTB/ist)

Mataram (suarantb.com)-PLN Unit Induk Wilayah NTB kian gencar mengampanyekan dan mendorong masyarakat untuk bisa menggunakan peralatan ramah lingkungan, seperti kompor induksi. Kompor induksi memakai energi listrik sebagai energi panas. Kompor ini tidak memancarkan api layaknya kompor gas yang populer digunakan masyarakat.

Indah Ari, warga Pagutan Mataram, menyampaikan bahwa penggunaan kompor induksi ternyata lebih mudah. “Kompor induksi ini simpel dipakai, mudah dioperasikan dan juga gampang dibersihkan. Yang terpenting, aman untuk anak-anak,” kata Indah.

Hal senada diungkapkan oleh Adam, seorang pegawai di salah satu perusahaan di kota Mataram. Dirinya menilai kompor induksi lebih efisien dan ramah lingkungan.
“Dulunya saya mengira kompor induksi sama saja dengan kompor yang lainnya. Tapi, setelah saya coba, ternyata kompor induksi ini berbeda.

Gampang diatur dan lebih cepat panas. Selain itu, kompor ini awet dan tidak bau asap,” kata Adam.
Sementara Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Unit Induk Wilayah NTB, Fauzi Arubusman menjelaskan pihaknya mengambil kesempatan untuk mensosialisasikan program penggunaan kompor induksi ini untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

“PLN mendorong masyarakat untuk menggunakan peralatan yang ramah lingkungan. Kalau pakai kompor induksi, tak ada asap, tak berbau dan tak ada emisi. Udara pun menjadi bersih,” kata Fauzi Arubuzman.

Pernyataan ini disampaikan pada saat peresmian Smart Electric Island di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara beberapa waktu yang lalu, yang juga diisi dengan lomba memasak menggunakan kompor induksi.
“Ini momentum bagi kita untuk bertransformasi menyiapkan listrik untuk masa depan,” tutup Fauzi.(bul)