PLN Salurkan Bantuan Sarana Budidaya ke Petani Rumput Laut Pesisir Taliwang

Budidaya rumput laut di pesisir Taliwang. (Suara NTB/ist)

Mataram (suarantb.com) -Sebagai bagian dari upaya menangani dampak ekonomi masyarakat pada sektor kelautan dan perikanan akibat pandemi Covid-19, PLN UPK Tambora membantu mengembangkan kelompok petani rumput laut untuk memanfaatkan lingkungan sekitarnya.
Bantuan tersebut diberikan agar dapat memaksimalkan potensi kekayaaan laut di wilayah Desa Kertasari, Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat melalui pengembangan budidaya rumput laut.

Manager PLN UPK Tambora, Ardhi Tirtahadi, mengungkapkan bahwa program ini merupakan komitmen PLN untuk ikut mendorong kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan di wilayah usaha PLN UPK Tambora. Ia berharap bantuan yang diberikan dapat memperkuat kegiatan usaha budidaya rumput laut di Desa Kertasari.

“Rumput laut merupakan satu dari sekian banyak potensi yang dimiliki oleh Provinsi NTB. Kami siap bersinergi dalam memanfaatkan potensi kelautan yang ada. Kami optimis, sektor ini bisa membantu meningkatkan pendapatan sehingga kesejahteraan masyarakat di desa Kertasari, Taliwang ini ikut terdongkrak,” jelas Ardhi.
Ardhi juga menjelaskan bahwa budidaya rumput laut tergolong aktivitas yang ramah lingkungan. Karena tidak perlu menggunakan pakan atau pupuk kimia yang dapat menyebabkan pencemaran bahan organik ke perairan.

“Rumput laut ini ramah lingkungan dan merupakan kekayaan alam yang melimpah di perairan Taliwang, tapi belum dimanfaatkan secara optimal oleh nelayan. Selain membuka lapangan kerja, kami juga berharap dapat membantu mengoptimalkan lahan tambak yang tak produktif melalui budi daya rumput laut,” ujar Ardhi.
Abdul Muin selaku Ketua Kelompok Petani Rumput Laut Bintang Laut mengucapkan terima kasih kepada PLN UPK Tambora atas bantuan yang diberikan. Ekspresi kegembiraan tak dapat ia tutupi. Ia mengatakan pada masa pendemi Covid-19 ini pekerjaannya sangat sepi.

“Dengan adanya bantuan ini memudahkan kami dalam kegiatan pengumpulan rumput laut. Alhamdulillah program ini sangat membantu dan dapat menambah pendapatan kami di desa Kertasari, Taliwang,” ucap Abdul Muin.
Sebelumnya, PLN UPK Tambora melaksanakan penyerahan bantuan sarana budidaya rumput laut kepada kelompok petani di desa Kertasari, Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Bantuan tersebut diberikan kepada kelompok petani yang diwakilkan oleh Abdul Muin bersama masing-masing kepala dusun.

Bantuan berupa sarana budidaya rumput laut seperti tali nilon untuk pancang penanaman bibit menjadi pilihan setelah melihat kondisi kebutuhan para petani. Selain perencanaan kebutuhan kepada kelompok petani dan pengurus desa, masukan dari Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat juga menjadi salah satu dasar pemberian bantuan tersebut.

“Kami berharap beberapa tahun mendatang komunitas kami dapat mandiri guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi role model pengelolaan rumput laut di Provinsi NTB bahkan Nasional,” demikian Abdul Muin.(bul)