PLN NTB Siapkan Infrastruktur Pendukung Kendaraan Listrik

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah melaunching era kendaraan listrik menuju NTB Gemilang, Jumat, 26 Februari 2021. (Suara NTB/nas)

Mataram (suarantb.com)-PLN Unit Induk Wilayah NTB siap mendukung terwujudnya era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di NTB. Konversi kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik merupakan salah satu bentuk kemandirian energi.

Perubahan ini diyakini dapat mengubah konsumsi energi impor menjadi energi domestik, mengurangi biaya operasional transportasi, dan mengurangi emisi sehingga membuat lingkungan menjadi lebih bersih.

Iklan

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran mengatakan terwujudnya era KBLBB dapat mendukung peningkatan ketahanan energi, khususnya di Provinsi NTB.
“Kendaraan listrik merupakan salah satu solusi untuk mencapai ketahanan energi yang seimbang. Kami memastikan kesiapan dengan penyediaan infrastruktur pendukung Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di NTB melalui Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU),” kata Lasiran.

SPLU yang sudah beroperasi dapat digunakan untuk mendukung penggunaan dan menghadirkan kemudahan bagi pengguna listrik.
“Saat ini, SPLU telah terpasang di beberapa lokasi, seperti lapangan Sangkareang, Masjid Islamic Center, Taman Udayana Mataram. Ke depan, kami akan menambah SPLU di tempat-tempat strategis guna memudahkan pengguna kendaraan listrik,” ungkapnya.

Ia pun optimis, masifnya kendaraan listrik mendukung alam menjadi lebih bersih. Pasalnya, kendaraan listrik juga lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi karbon dioksida (CO2) yang lebih sedikit dibandingkan mobil biasa. Dengan begitu, akan meningkatkan kualitas udara.
Guna mengoptimalkan penggunaan kendaraan listrik di dalam komunitas, PLN Unit Induk Wilayah NTB juga mendorong mitra kerja untuk memakai kendaraan listrik dalam operasionalnya. Selain itu, PLN UIW NTB tengah menyiapkan kerjasama dengan salah satu layanan ojek online, Grab.

“Kami juga mendukung mitra kerja di sisi pelayanan teknik dan lainnya untuk menggunakan kendaraan listrik dalam operasionalnya. Selain itu, saat ini kami tengah menyiapkan kerja sama dengan salah satu layanan ojek online, Grab.” pungkas Lasiran.(bul)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional