PLN NTB Group Raih Anugerah 9 Peringkat Proper Biru dari KLHK

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya saat menyerahkan penghargaan yang diselenggarakan secara daring Senin, 14 Desember 2020.

Mataram (suarantb.com) – PLN NTB Group melalui pilar “Green” dalam transformasinya terus berkomitmen untuk mengelola pembangkit yang ramah lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan raihan 9 Peringkat Proper BIRU dalam ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Proper Biru untuk PLN NTB Group diraih oleh ULPLTD Ampenan, ULPLTD Paokmotong, ULPLTD Bima, ULPLTD Bima Unit Ni’u, ULPLTD Labuhan, ULPLTD Dompu, ULPLTD Taliwang, ULPLTU Jeranjang yang dikelola oleh PT Indonesia Power dan ULPLTMG MPP Batam yang dikelola oleh PLN Batam.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang diselenggarakan secara daring Senin, 14 Desember 2020. “Hal ini untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan dan mengelola lingkungan hidup dan kehutanan” ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Ia menambahkan penghargaan Proper merupakan penghargaan bagi dunia usaha yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehadirannya bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Untuk tahun 2020 ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, melalui penilaian PROPER menambahkan kriteria sensitifitas dan daya tanggap perusahaan terhadap kebencanaan dalam penilaian aspek pemberdayaan masyarakat. Kriteria ini pada dasarnya meminta komitmen pimpinan perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada karyawannya sehingga tidak melakukan pemutusan hubungan kerja. Dunia usaha diharapkan mengingintegrasikan analisa resiko terhadap bencana, kerentanan sosial dan lingkungan untuk menyusun strategi keberlanjutan bisnisnya,” ungkap Siti Nurbaya.

Sementara General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran mengungkapkan bahwa prestasi yang diperoleh ini merupakan hasil dari sinergi yang baik antara PLN, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB dan masyarakat sekitar lokasi Unit Layanan Pusat Listrik.

“Penghargaan ini sangat penting bagi PLN. Raihan ini sekaligus menjadi bagian dari semangat transformasi PLN untuk menjalankan kegiatan usaha yang makin berwawasan lingkungan,” ungkapnya.

Lasiran menambahkan bahwa sebagai korporasi, PLN berkomitmen untuk senantiasa menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dengan aman, bersih, dan efisien serta memberdayakan masyarakat sekitar.

Proper Biru merupakan bukti bahwa perusahaan telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan, yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. PLN akan selalu berupaya menjaga keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, melestarikan lingkungan hidup secara berkelanjutan, serta bertanggung jawab sosial melalui pemberdayaan masyarakat. (bul)