PLN NTB Bantu Hijaukan KEK Mandalika

Penyerahan bibit untuk penghijauan KEK Mandalika. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – PLN Unit Induk Wilayah NTB melalui program Bina Lingkungan memberikan bantuan kepada Indonesian Tourism Development  Corporation (ITDC) sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika berupa bantuan 1.674 pohon. Bantuan bibit pohon ini untuk ditanamkan di KEK Mandalika, khusunya di areal Pantai Kuta, terdiri dari bibit pohon bougenville, anggur laut, dan kamboja.

Bibit akan ditanam di dua lokasi. Yakni Kuta Beach Park dan sepanjang jalur akses masuk West Gate. Senior Manager SDM & Umum PLN UIW NTB, Handi Biantoro menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada I Made Pari selaku Operations Head The Mandalika. “Semoga bantuan ini juga menjadi trigger bagi badan usaha lainnya di Lombok untuk mendukung proyek ini secara bersama” ujar Handi.

Iklan

Bantuan bibit ini merupakan sinergi antara PLN dan ITDC Mandalika sebagai BUMN untuk membangun dan menyukseskan kawasan agrowisata dan ekowisata, mengingat Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika merupakan salah satu proyek strategis pemerintahan saat ini. Pada kesempatan yang sama, Made Pari dari ITDC menyampaikan apresiasinya kepada PLN karena telah menyalurkan Program Bina Lingkungannya  kepada KEK Mandalika.

“Terima kasih atas dukungan PLN untuk mempercantik kawasan Kuta Beach Park di KEK Mandalika” ungkap Pari. Kedepannya bibit yang sudah ditanam akan dipantau pertumbuhannya selama tiga bulan dan diganti dengan pohon baru apabila mengalami kerusakan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Di sisi lain, PLN sebagai perusahaan penyedia kelistrikan telah mempersiapkan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung seluruh kegiatan di KEK Mandalika, termasuk perhelatan MotoGP.

Salah satunya adalah dengan mengoperasikan Gardu Induk Kuta di Lombok Tengah dengan kapasitas 30 Megavolt Ampere (MVA). PLN juga siap menambah kapasitas Gardu Induk Kuta hingga 180 MVA secara bertahap jika kapasitas gardu induk yang ada telah digunakan secara maksimal. “PLN siap melistriki dan mensukseskan pelaksanaan MotoGP yang akan digelar tahun 2021,’’ pungkas Handi. (bul)