PLN Gunakan Sepeda Listrik Matric-B Pantau Keandalan Listrik Sirkuit Mandalika

Petugas PLN menggunakan transportasi kendaraan listrik Matric B untuk mempermudah akses antar lokasi dalam menjaga keandalan pasokan liatrik di Sirkuit Mandalika. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB)-Gelaran internasional World Superbike tengah berlangsung. Persiapan untuk sisi kelistrikan sendiri telah tuntas di awal bulan Oktober 2021. Saat ini, PLN tengah fokus untuk menjaga dan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan dengan menyiagakan 244 personel yang akan siaga 24 jam, terutama pasokan di sekitar sirkuit.

Untuk mempermudah akses antar lokasi, PLN menggunakan moda transportasi kendaraan listrik, salah satunya Matric-B. Sepeda listrik tersebut merupakan hasil inovasi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima.
“Total sebanyak 6 titik di area sirkuit yang harus dijaga oleh petugas PLN. Tentunya, kecepatan akses antar lokasi akan sangat membantu, utamanya apabila misalkan terjadi gangguan”, jelas General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran.

Iklan

Enam titik yang dimaksud adalah TV Compound, medical center, race control, pit building, bright store dan juga Gardu Hubung Mandalika. Jumlah kendaraan listrik yang kita gunakan adalah sebanyak 6 kendaraan listrik, terdiri dari 3 buah sepeda listrik Matric B dan 3 buah motor listrik.
Matric B ini merupakan inovasi dari PLN UP3 Bima. Dengan kapasitas baterai 48 VDC 10,4 mAH, Matric B ini mampu menempuh 50 km dalam sekali charge dengan kecepatan 40 km/Jam. Saat ini, PLN telah bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Provinsi NTB untuk proses produksi dan pengembangannya.

“PLN menggandeng Dinas Perindustrian Provinsi NTB, yang akan mengoptimalkan UKM untuk memproduksi Matric B. Harapannya tentu saja, Matric B ini dapat lebih ditingkatkan lagi, terutama untuk kualitas dan kenyamanan penggunanya,” ungkap Lasiran.

Bayu, salah satu petugas PLN yang menggunakan sepeda listrik ini, tidak hanya akses dari satu lokasi ke lokasi yang lain lebih cepat, namun juga lebih ringkas.
“Sangat mudah sekali. Kalau baterai habis, tinggal diisi, lalu bisa dipakai lagi. Jadi, sangat membantu sekali untuk kami yang siaga di lapangan,” demikian Bayu.(bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional