Plh. Bupati Minta PBI Identifikasi Peluang Usaha BUMDes

Plh. Bupati Sumbawa, H. Hasan Basri bersama pengurus Perserikatan Bumdesa Indonesia (PBI) Kabupaten Sumbawa yang baru saja dilantik, Selasa, 9 Maret 2021.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Plh. Bupati Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri M.M, meminta Pengurus Perserikatan Bumdesa Indonesia (PBI) Kabupaten Sumbawa yang baru saja dilantik segera mengidentifikasi potensi dan peluang usaha BUMDes di Sumbawa.

“Kami berharap para pengurus yang baru dilantik, dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan segera menyusun program kerja ke depan. Untuk memfasilitasi dan melakukan identifikasi, terhadap potensi dan peluang usaha pengembangan Bumdesa,”kata H. Bas, panggilan akrabnya, saat pelantikan pengurus PBI, Selasa, 9 Maret 2021, di kantor Bupati.

Iklan

Selanjutnya, melakukan komunikasi dan koordinasi baik dengan PBI Provinsi maupun PBI Pusat. Serta mendorong terwujudnya produk unggulan desa maupun produk unggulan kawasan perdesaan.

Menurut H. Bas, Bumdesa mempunyai peran yang sangat strategis, karena kinerja Bumdesa menjadi ujung tombak penggerak usaha ekonomi dan pelayanan di desa. Sekaligus sebagai cikal bakal pemulihan ekonomi secara nasional. “Dengan adanya wadah organisasi PBI, diharapkan mampu berkiprah menjadi mediator, komunikator dan sekaligus koordinator, bagi Bumdesa-Bumdesa yang ada di Sumbawa,”ujarnya.

Ketua PBI Provinsi NTB, Putri Munira, SE., menyampaikan keoptimisannya terhadap para pengurus PBI Kabupaten Sumbawa yang baru dilantik. Dikatakan, PBI hadir sebagai wadah untuk memfasilitasi Bumdes di tingkat desa dan kabupaten, untuk mendapatkan informasi sekaligus peluang program. Baik dari pemerintah daerah maupun pusat. “Saya mempunyai motto di PBI ini, sekali menjabat, seumur hidup memberi manfaat”, pungkasnya.

Sementara Ketua Dewan Pembina PBI Pusat, Prof. Djarot S Wisnubroto, via daring menyampaikan keyakinannya, kemajuan Bumdes dan potensi desa merupakan salah satu faktor penunjang kekuatan ekonomi bangsa Indonesia ke depan. (arn)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional