PKS Lotim Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Lomba baca kitab kuning DPD PKS Lotim. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB)-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lombok Timur (Lotim) menggelar lomba baca kitab kuning. Program dari fraksi PKS DPRD Lotim kali pertama digelar di tingkat kabupaten yang diikuti oleh 50 orang lebih. Sebelumnya beberapa kali digelar di tingkat provinsi dan diikuti lebih dari 200 orang.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD Lotim, TGH. Lalu Wildan Dzikrullah kepada Suara NTB, Sabtu, 27 November 2021. Melihat jumlah peserta yang mendaftar, katanya, kegiatan lomba baca kitab kuning ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. “Alhamdulillah, masyarakat antusias,” sebutnya.

Iklan

PKS bertujuan, dengan gelaran lomba baca kitab-kitab klasik karangan para ulama ini dapat melestarikan minat baca para generasi penerus. Kegiatan lomba juga bertujuan melestarikan budaya pesantren. “Selama ini kan baca kitab kuning hanya di pesantren,” ungkap TGH. Wildan.

PKS bukanlah partai yang hanya bergerak pada politik. Tapi juga pada bidang keilmuan dan budaya. Kegiatan seperti ini akan terus dilestarikan agar bisa berkembang dengan baik.
Ketua Bidang Pembangunan Keummatan (BPU) DPD PKS Lotim, Safaril Akhyak menambahkan, peserta yang daftar berasal dari pondok pesantren dan madrasah aliyah di berbagai tempat di Lotim. Ada juga yang sekolahnya di luar Lotim. “Kita terima pendaftaran berdasarkan domisili,” tuturnya.

PKS menyiapkan hadih juara I berupa uang tunai Rp 1 juta. Juara II Rp 750 ribu, juara III Rp 500 ribu. Hadiah juga diberikan kepada juara harapan I, II dan III dengan hadiah uang tunai masing-masing Rp 250 ribu.

Kegiatan lomba ini katanya, berjenjang sampai pusat. “Pada akhirnya nanti akan dapat hadiah umrah dari fraksi DPR RI,” sebutnya lagi.
Termasuk ada juga kegiatan serupa di tingkat provinsi digelar oleh DPW PKS NTB. Hadiahnya diyakinkan lebih besar lagi. (rus/*)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional