PKL Dijerat Rentenir Berkedok Koperasi

Mataram (Suara NTB) – Ada 4.000-an jumlah anggota Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Mataram. Semuanya masih diikat oleh rentenir berkedok koperasi. Fenomena ini terasa menjadi persoalan biasa. Inilah salah satunya yang memiskinkan para pedagang-pedagang kecil.

Ketua Asosisasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Kota Mataram, Muh. Sahidin, Rabu, 19 April 2017 mengatakan, menjadi pemandangan biasa, ketika setiap pagi satu PKL didatangi dua sampai tiga tukang tagih.

Iklan

APKLI menawarkan solusi melalui pemberian kredit oleh Koperasi “Laskar Semut” (koperasi para PKL kota). Koperasi ini tak memberlakukan bunga kredit, sayang Laskar Semut tak bertahan lama, karena ketidaktaatan nasabah/anggotanya. Jerat rentenirpun berat dilawan.

“Sepertinya PKL kita sudah sangat terikat. Sebelum lunas, diberikan lagi tambahan kredit, begitu seterusnya. Bagaimana bisa sugih (kaya) PKL-PKL kita,” kata Muh. Sahidin.

 Untuk apa kredit dari rentenir berkedok koperasi itu? Sahidin mengungkapkan akibat krisis manajemen keuangan. Artinya, setiap kebutuhan-kebutuhan konsumtif, bahkan untuk kebutuhan gaya hidup (ke mal), modal rentenir yang diandalkan. Bukannya untuk memupuk usaha yang dijalankan.

“Sedikit-sedikit ngambil kredit, bahkan untuk hari-hari besar keagamaan, kebutuhannya dari dana itu. Dan modal yang diminta langsung keluar. Jadi jualan tiap hari itu hanya habis untuk bayar ke tukang tagih yang datang tiap hari itu,” tambahnya.

Pemerintah dan stakeholder sebenarnya tak kurang memberikan pemahaman kepada PKL, namun belum mempan. Mungkin pendekatan yang paling tepat adalah syiar dari tokoh-tokoh agama untuk membebaskan ketergantungan dari rentenir.

Di sisi lain, Muh. Sahidin juga menambahkan bahwa keputusan DPP APKLI yang mengimbau siapa saja di jajaran pengurus APKLI dari DPP APKLI, DPW APKLI Provinsi, DPD APKLI Kabupaten/Kota hingga paguyuban PKL diseluruh Indonesia akan segera diberhentikan oleh DPP APKLI.

Karena dianggap telah melanggar ruh perjuangan APKLI untuk membebaskan PKL dari jeratan rentenir. APKLI berupaya sekuat tenaga membebaskan PKL dari jeratan remtenir yang selama ini mendera dan memicu kemiskinan dan bangkrutnya PKL. (bul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here