PJU di Jalur Pelabuhan Gili Mas dan Bandara Ditangani

PJU di jalur bandara di perbatasan Lobar dan Loteng sudah diperbaiki dan menyala. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur strategis seperti di akses bypass bandara dan jalur Pelabuhan Kapal Pesiar Gili Mas yang sebelumnya dikeluhkan warga akhirnya ditangani. PJU jalur bandara di daerah perbatasan Lobar dengan Loteng sudah diperbaiki, begitu pula di jalur Pelabuhan Gili Mas mulai dai Segenter sampai dengan Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar sudah dipasang PJU.

Kepala Desa Lembar Selatan H. Beny Basuki mengatakan PJU di jalur Segenter menuju Pelabuhan Gili Mas mulai dipasang sejak beberapa hari lalu. Diakuinya, jalur ini rawan semenjak dialihkan bongkar muat barang ke Pelabuhan Gili Mas, jalur ini menjadi ramai.

Iklan

Di desanya masuk dipasang PJU, namun ia tidak tahu jumlah titik yang dipasang. Menurutnya dengan dipasangkan PJU di jalur ini menjadi lebih terang dan tidak rawan kecelakaan. Ke depan ia berharap agar jalur ini diperlebar.

Sementara itu Kabid Tata Kota dan Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Permukiman Lobar, Nyoman Sugiarta mengatakan pihaknya sudah melakukan perbaikan PJU di Jalur bandara. “Penanganan seoptimal mungkin untuk BIL I, dan PJU di jalur BIL I sudah nyala. mudah-mudahan tidak korsleting lagi,” harapnya.

Menurutnya, PJU di jalur ini mati akibat beberapa faktor. Salah satunya kabel tanam korsleting, sehingga perlu ada revitalisasi untuk pengaturan kabel tanam. Sementara untuk PJU di jalur Lembar menuju pelabuhan  dipasang oleh provinsi. Jenis PJU yang dipasangkan di jalur ini solar cell.

Kepala Dinas Perhubungan H. M. Najib mengatakan, jalan menuju Pelabuhan Gili Mas sudah ada kepastian dari provinsi untuk pelebaran tahun 2021. “Sudah dibahas pelebaran (ke kiri dan ke kanan masing-masing satu meter) jalan itu, rencananya tahun 2021,” terang Najib. Pelebaran jalan ini untuk mendukung akses ke pelabuhan kapal pesiar.

Dijelaskan, sebenarnya jalur menuju pelabuhan penumpang dan barang akan dibangun jalur dua tahun 2020. Namun akibat Covid-19, sehingga pelebaran jalan ini batal. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional