Pinjaman Masyarakat Lotim di Bank Capai Rp 1,4 Triliun

Selong (Suara NTB) – Masyarakat Lombok Timur (Lotim) dinilai lebih banyak meminjam kredit daripada menabung. Data Bank BRI Cabang Selong, jumlah pinjaman yang dikeluarkan mencapai Rp 1,4 triliun. Sedangkan yang simpanan atau menabung sebesar Rp 419 juta.

Perbandingan pinjaman dengan simpanan itu, menurut Pimpinan Cabang BRI Selong Tasurun belum ideal. Menjawab Suara NTB, Tasurun, mengatakan, diperlukan sinergi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memajukan perekonomian.  “Memang lebih besar yang keluar daripada yang masuk,” ungkapnya, Kamis (16/11).

Iklan

Meski lebih banyak yang keluar, ujarnya, BRI bukanlah perusahaan daerah, tapi perusahaan nasional, sehingga bisa ditangani. Dalam arti, ada daerah lain yang surplus bisa dimanfaatkan untuk mengisi kekurangan di BRI Cabang Selong.

Diakuinya, tingginya permintaan pinjaman itu membuat BRI Cabang Selong meminta dari cabang-cabang lain yang surplus. Untuk kredit, katanya, yang paling banyak, mulai dari skala unit, kantor cabang pembantu maupun di cabang sebagian besar kredit mikro. Akibat belum ideal ini, secara otomatis untuk ekspansi kredit tidak maksimal.

Lotim, tingkat pertumbuhan ekonomi belum seperti daerah lain. Sebagai daerah berkembang Lotim di sebut tingkat pertumbuhan ekonomi masih belum setara degan daerah yang sudah memiliki banyak industri. ‘’Semakin maju perekonomian suatu daerah, akan sangat berpengaruh pada tingkat saving uang masyarakatnya,’’ terangnya.

Meski demikian, diakuinya, potensi ekonomi di Lotim cukup besar, seperti potensi industri wisata. Ke depan  harapannya kemampuan masyarakat untuk menyimpan uang bisa lebih tinggi. Apalagi, korelasi kemajuan ekonomi dan tingkat saving masyarakat sangat erat. “Semakin tinggi ekonomi masyarakat, akan banyak uang yang ditabung,” paparnya

BRI Cabang Selong telah melakukan beberapa hal terkait upaya memudahkan masyarakat mengakses perbankan, termasuk layanan membuka tabungan. Saat ini, membuka tabungan tidak perlu harus datang ke kantor BRI, tapi bisa dilakukan di agen BRIlink. “Mulai membuka rekening, termasuk stor dan tarik tabungan bisa di agen, masyarakat menabung kini lebih mudah karena tidak perlu jauh-jauh,” terangnya. (rus)

 

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional