Pindah OPD, Ada Tes Job Fit untuk Eselon II

Mataram (suarantb.com) – Merespon PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Pemerintah Provinsi NTB tengah mengajukan perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Begitu pula dengan pengisian jabatan dari OPD yang akan terbentuk. Ada tes job fit menanti untuk pejabat Eselon II yang pindah ke OPD baru.

Demikian disampaikan Sekda NTB, H. Rosiady Sayuti di Kantor Gubernur NTB, Selasa, 1 November 2016.

Iklan

“Untuk pengisian jabatan Eselon II bagi yang tidak berpindah, nanti istilahnya dikukuhkan. Yang menempati OPD baru, kalau dia dari eselon II dia akan mengikuti tes job fit, semacam wawancara oleh pimpinan atau ujian ringanlah untuk menguji wawasannya,” jelasnya.

Tes ini diakui Rosiady akan langsung dilakukan oleh gubernur, wakil gubernur dan sekda selaku pimpinan tertinggi. Tujuannya untuk mengetahui apakah pejabat yang bersangkutan layak atau tidak untuk menempati posisi tersebut.

“Katakanlah Dinas Perindustrian, Dinas Pemuda dan Olahraga, apakah yang bersangkutan oleh pimpinan dianggap layak atau tidak untuk menempati posisi itu,” imbuhnya.

Untuk pengisian jabatan baru di OPD dari  Eselon II ini memang tidak akan digunakan panitia seleksi (pansel). Terkecuali jika ada jabatan Eselon II yang kosong. Dan ada pejabat dari Eselon III yang akan mengisi posisi Eselon II. Maka Rosiady menjelaskan akan ada pansel.

“Kecuali dari Eselon III ke Eselon II dan ada jabatan yang kosong, baru ada pansel,” tambahnya. Jabatan di OPD yang baru terbentuk ini dijanjikan Rosiady akan mulai terisi akhir tahun ini. (ros)