Pimpinan OPD Digenjot Optimalkan PAD

Salah seorang jukir di Cakranegara mengatur kendaraan yang akan keluar. Retribusi parkir merupakan salah satu potensi pendapatan asli daerah. Tahun 2021 target PAD mencapai Rp18,7 miliar. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram melakukan evaluasi terhadap sumber pendapatan asli daerah (PAD) baik dari pajak maupun retribusi. Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) digenjot mengoptimalisasikan pendapatan. Aset berpotensi menyerap pendapatan didorong segera dibuatkan regulasi.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito menjelaskan, pihaknya mengevaluasi prospek pendapatan masing – masing organisasi perangkat daerah sebagai acuan menetapkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan 2021. Dari hasil evaluasi tersebut ditemukan sejumlah masalah dari OPD pengelola PAD, sehingga sebagian terpaksa menurunkan target karena terlalu besar. Penurunan target dengan alasan rasionalitas. “Ada juga yang melampui target. Mudah – mudahan apa yang menjadi proyeksi pendapatan kita yang menjadi acuan pembahasan APBD perubahan tercapai,” kata Sekda dikonfirmasi usai menghadiri pembukaan rapat kerja gabungan organisasi wanita di aula Pendopo Walikota Mataram, Kamis, 17 Juni 2021.

Iklan

Kedua, kaitannya dengan optimalisasi pendapatan asli daerah memang sudah didorong OPD penghasil PAD yang kebetulan memiliki tanggungjawab pengelolaan aset. Contohnya, menyangkut pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH) Pagutan, RTH Selagalas dan aset lain yang berpotensi menghasilkan pendapatan segera mengefektifkan pelaksanaannya. Namun demikian kata Sekda, hal itu terbentur regulasi sehingga OPD belum berani menarik retribusi. “Seperti Mataram Water Park belum berani ditarik karena regulasi tidak ada. Tetapi pada prinsipnya sedang dipersiapkan regulasi itu,” tandasnya.

Target pendapatan asli daerah (PAD) Kota Mataram di tahun 2021 sekira Rp350 miliar. Sampai pertengah bulan Juni realisasi di bawah 50 persen. Pihaknya terus menggenjot pimpinan OPD untuk mengoptimalkan penyerapan pendapatan asli dari baik dari sektor pajak maupun retribusi. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional