Pilkades Serentak di Bima Tetap akan Berlangsung

Bima (Suara NTB) – Pemblokiran jalan di Desa Sie, Kecamatan Monta menjadi perhatian serius Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri. Kendati demikian, pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Bima tetap akan berlangsung Sabtu (16/7/2016).

Pemblokiran jalan itu membuat suasana tegang menjelang Pilkades. “Saya minta warga Sie jangan terpancing. Proses Pilkades di desa setempat tetap akan berjalan,” ucapnya kepada wartawan, Kamis (14/7/2016).

Iklan

Bupati yang akrab dipanggil Dinda ini prihatin dan menyesalkan aksi massa tersebut. Pihaknya berjanji akan mencarikan solusi agar Pilkades di desa tersebut berjalan aman, demokratis.

Ia berencana akan turun langsung menemui masyarakat Sie untuk sama-sama mencarikan solusi atas persoalan tersebut. Ia berharap, apapun menjadi keputusan bersama bisa diterima oleh semua unsur terutama masyarakat Desa Sie.

“Saya mengajak semua untuk sama-sama menyukseskan Pilkades ini,” terangnya.

Selain itu, Dinda mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan situasi yang terjadi di masing-masing desa. Begitu juga para calon bisa menerapkan politik yang santun dan demokratis.

“Masyarakat Bima harus menjadi contoh untuk masyarakat daerah lain. Budaya sopan dan santun harus dikedepankan,” pungkasnya.

Sebelumnya, massa pendukung tiga calon Kades yang berkompetisi di desa setempat memblkir jalan, Senin (11/7/2016). Pemblokiran jalan lintas Tente – Parado itu sebagai aksi protes terhadap panitia Pilkades. Pasalnya, hingga saat ini belum memberikan penjelasan terkait jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tahapan Pilkades.

Aksi massa itu praktis melumpuhkan aktifitas jalan untuk masyarakat Parado dan Sie sekitarnya. Kepala BMPDes Kabupaten Bima, Abdul Wahab, SH, mengaku persoalan tersebut hanya miskomunikasi antara panitia Pilkades di tingkat desa dengan calon Kades. Ia membantah jika pelaksanan pilkades tidak ada kejelasan sehingga berujung pada pemblokiran.

“Hanya miskomunikasi saja. Karena semua tahapan sudah disosialisasikan oleh panitia di tingkat desa. Bahkan semua tahapan telah diketahui sendiri oleh calon Kades dan massa pendukung,” ujarnya.

“Yang jelas semua tahapan digelar secara serentak di 58 desa yang menyelenggarakan Pilkades. Tidak ada pengecualian,” terangnya. (uki)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional