Pilkades Parangina Ditunda, Warga Segel Kantor Desa

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Bima menunda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Parangina Kecamatan Sape tahun 2016 dan akan digelar 2018 mendatang. Penundaan langsung ditolak warga dengan menyegel kantor desa setempat.

Camat Sape Muhaimin S.Adm mengaku, aksi penyegelan tersebut dimulai sejak Jum’at, 18 November 2016, hingga berita ini ditulis, masih berlangsung. Pihaknya tidak berani melarang warganya karena dikhawatirkan terjadinya gesekan.

Iklan

Muhaimin mengatakan, aksi penyegelan tersebut buntut dari adanya surat tembusan dari Bupati Bima, tentang penundaan pilkades Parangina tahun 2016 menjadi 2018 mendatang.

“Warga menolak dan menuntut agar pelaksanaan Pilkades tetap dilaksanakan pada tahun ini,” katanya.

Dia menjelaskan surat tembusan itu menindaklanjuti rekomendsi DPRD Kabupaten Bima. Karena pada saat proses seleksi kandidat bakal calon kades, menuai polemik. Salah seorang diantaranya keberatan karena tidak diloloskan.

Sebelumnya, lanjut dia, ada enam kandidat yang diseleksi. Karena sesuai aturan peserta bakal calon kades hanya diperbolehkan lima orang. Hanya saja yang bersangkutan tidak menerima setelah dinyatakan tidak lolos oleh panitia.

“Pilkades Parangina masuk dalam daftar pilkades serentak 2016 kemarin, tetapi lantaran adanya masalah ini, ya terpaksa ditunda,” terangnya.

Dia mengaku, pemerintah kecamatan bersama pihak terkait melakukan rapat dengan pemerintah daerah, mencarikan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mengingat sebagian warga mendesak agar pilkades segera digelar tahun ini.

“Namun keputusan akhir tetap kita kembalikan kepada Bupati hingga adanya surat tembusan ini,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya bersama aparat keamanan tetap memberikan pemahaman dan himbauan kepada masyarakat, agar menjaga keamanan, tidak melakukan penyegelan atau merusak fasilitas publik.

“Kami berharap masalah ini cepat diselesaikan. Kantor desa kembali dibuka agar pelayanan bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (uki)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional