Pilkada Sudah, Kini Saatnya Cegah Klaster Nataru

Najamuddin Amy. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Masyarakat NTB di tujuh kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2020 dinilai relatif berhasil mencegah penyebarluasan Covid-19 melalui klaster Pilkada. Kini, saatnya masyarakat mengalihkan upaya selanjutnya untuk mencegah klaster Natal dan Tahun Baru. Seruan itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB, Najamuddin Amy, S.Sos, MM, Senin, 21 Desember 2020.

“Kita sudah cukup berhasil menggelar Pilkada 2020, khususnya masa kampanye tanpa memicu adanya lonjakan serius dalam jumlah penderita Covid-19. Kini saatnya kita menyongsong hari libur natal dan tahun baru dengan disiplin dan kewaspadaan serupa,” ujar Najamuddin.

Ia menegaskan, daerah-daerah di NTB juga mencatatkan kenaikan tingkat partisipasi politik yang menggembirakan di Pilkada 2020. Bahkan, Kabupaten Dompu mencatat tingkat partisipasi tertinggi dalam sejarah pilkada di NTB. “Juga tercatat sebagai tingkat partisipasi tertinggi kelima di Indonesia,” ungkapnya.

Najamuddin menilai, masyarakat NTB semakin dewasa dalam menghadapi pandemi dan suksesi politik. “Semoga sukses di Pilkada ini juga bisa kita ikuti di periode nataru nanti. Kita tetap berharap natal dan tahun baru NTB dikunjungi wisatawan, tapi tanpa diikuti penambahan jumlah penderita Covid-19,” pungkasnya. (aan)