Pilkada Mataram, Makmur Said Sebut PAN dan Nasdem Bergabung

L. Makmur Said.(Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Arah dukungan Partai Gerindra, PPP dan PKPI dipilkada Kota Mataram dipastikan sudah dikunci oleh pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota, L. Makmur Said-Badruttamam Ahda. Kini pasangan Makmur-Ahda sedang membidik tambahan dukungan dari beberapa partai politik lainnya.

“Dengan tiga partai itu sudah kita komunikasi, dan sudah final. Kita sudah bertemu bersama, tinggal beberapa partai lagi yang akan kita finalkan,” ujar Makmur Said kepada Suara NTB, Jumat, 31 Januari 2020.

Iklan

Sementara itu beberapa parpol lainnya yang tengah dibidik duet pasangan Makmur-Ahda ini untuk menambah kekuatan gerbong koalisi partai pendukungnya, yakni PAN, PKB dan Nasdem. Makmur sangat berkeyakinan kuat bahwa bisa mendapatkan dukungan ketiga partai tersebut.

“Insya Allah PAN dan PKB sama Nasdem juga kita sudah daftar. Kalau Hanura buka pendaftaran lagi, ndak apa-apa, ndak masalah,” katanya.

Untuk di PKB sendiri, Makmur sangat berkeyakinan kuat akan didukung karena diketahui hanya dirinya saja yang mendaftar di PKB dan mengikuti proses sampai Fit and Propertest di DPP.

“Insya Allah PKB, karena kan hanya saya yang mendaftar di PKB, dan bahkan kita sudah fit and propertest di DPP kemarin,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPW PKB NTB, Lalu Hadrian Irfani menyampaikan bahwa untuk Pilkada Kota Mataram, memang hanya pasangan Makmur-Ahda saja yang mendaftar dan diproses oleh PKB sampai ke DPP. Namun untuk finalnya dukungan PKB akan diputuskan oleh DPP.

Dikatakan Hadrian, dari tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 di NTB. Dukungan PKB sudah pasti hanya di tiga daerah. Yakni Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima sudah terlihat terang. Dukungan PKB di tiga daerah tersebut tinggal diformalkan saja oleh DPP.

“Tiga daerah ini, DPP PKB sudah final arah dukungannya,” ungkapnya.

Adapun paket pasangan calon (paslon) yang akan didukung PKB di tiga daerah tersebut. Masing-masing untuk Pilkada KLU yakni paket Djohan Sjamsu – Danny Carter Febrianto Ridwan. Kemudian Pilkada Kabupaten Sumbawa, paket Mahmud Abdullah – Dewi Noviany (Haji Mo – Novi). Sedangkan Pilkada Bima yakni paket Indah Damayanti Putri – Dahlan M. Noer. Ketika ditanya soal kota Mataram, ia menjawab sedang dalam proses.

Sementara ketua DPW PAN NTB, Muazzim Akbar mengaku bahwa arah dukungan partainya masih sangat dinamis untuk Pilkada Kota Mataram. Ia mengakui bahwa semua masih berpeluang di PAN antara pasangan Makmur-Ahda dan juga kaolisi poros biru yang digalangnya bersama dengan Demokrat.

“Prinsipnya semua masih dinamis, semua masih berpegang. Baik pak Makmur-Ahda, Imam Sofyan dan juga Baehaqi,” ujarnya. (ndi)