Pilkada Mataram, Bapaslon Perorangan Masih Belum Aman

Proses penerimaan data pendukung Bapaslon perorangan dari pasangan Dianul Hayezi, S.E dan H. Badrun Nadianto, S.Sos.,M.Pd, Rabu dini hari kemarin. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kota Mataram telah menerima data dukungan Bapaslon perorangan Walikota dan Wakil Walikota Mataram, Dianul Hayezi, S.E dan H. Badrun Nadianto, S.Sos.,M.Pd (DR), Rabu, 26 Februari 2020. Kendati demikian, Ketua KPU Kota Mataram, M. Husni Abidin mengatakan, Bapaslon DR sejauh ini masih belum aman. Bapaslon ini harus melewati dua tahap verifikasi selanjutnya.

“Sudah kita serahkan kemarin pagi sekitar pukul 04.35 dini hari kepada Bapaslon DR dan tim LO-nya (liaison officer). Bahwa dukungan data akan kita kroscek kembali di tahap verifikasi administrasi dan verifikasi faktual pada tanggal 27 Februari 2020 sampai dengan awal Maret 2020,’’ kata Husni kepada Suara NTB.

Iklan

Dijelaskan Husni, dari verifikasi data syarat dukungan Bapaslon DR, terkait dengan jumlah minimum persebaran dan jumlah minimum dukungan memang telah memenuhi syarat. Dari kelengkapan berkas yang dibawa oleh tim LO Bapaslon DR. Data B11 dan B2 KWK telah memenuhi jumlah minimum syarat persebaran dukungannya. “Memang dari verifikasi yang kita lakukan, mereka sudah memenuhi syarat,” kata Husni.

Dari 26.272 data suara dukungan yang diisi Bapaslon DR pada Silon KPUD kota Mataram, pihaknya sudah memverifikasi, ternyata hanya 25.117 jumlah data dukungan telah dinyatakan lengkap. “Ada 1.155  suara yang tidak lengkap. Tapi, tidak masalah, artinya selama data yang tidak lengkap tidak mempengaruhi jumlah minimum persebaran data dukungan. Jelas diterima,” pungkasnya.

Dihubungi Suara NTB, LO tim pemenangan Bapaslon DR, I Wayan Kartika Satnya menjelaskan, siap menjalani proses yang diterapkan KPUD kota Mataram. Ia mengaku, Bapaslon DR sudah menyiapkan semua administrasi untuk maju pada Pilkada Mataram lewat jalur perorangan.

“Kita sudah siapkan jauh-jauh hari untuk semua kelengkapan administrasi calon kita. Saya kira juga administrasi untuk Bapaslon DR sudah diterima KPU kan,” akunya. Kata Wayan, selama proses verifikasi data dukungan di KPUD Kota Mataram, ia percaya bahwa KPUD Kota Mataram bekerja profesional. “Saya kira tidak ada yang harus dikhawatirkan, yang jelas KPU selalu bekerja dengan apa yang menjadi kapasitas mereka,”  tuturnya.

“Silakan jika ada ada dua tahap lagi yang harus kami lewati. Kami akan tetap jalan dan ikuti prosesnya,” jelasnya. Wayan mengaku, pendukung Bapaslon DR sudah solid. “Apa pun tahapannya, akan kita lalui,” katanya.

Wayan menyebutkan, dukungan terbanyak Bapaslon DR bervariasi di kecamatan Selaparanag dan Kecamatan Mataram. Wayan tak pernah khawatir, jika KPU kota Mataram melakukan verifikasi secara langsung ke pendukung Bapaslon DR. “Tidak ada Kekhawatiran selama ada perbaikan. Yang jelas kita sudah persiapan untuk itu, intinya KPU bekerja profesional,” tutupnya. (viq)