Pilkada Lotim, Gerindra Siapkan Survai Elektabilitas Calon

Selong  (Suara NTB) – Beda partai, beda pula mekanisme untuk menentukan pasangan calon yang akan diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Termasuk, untuk Pilkada Kabupaten Lombok Timur (Lotim) 2018 mendatang. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), memilih untuk melakukan survai dulu tingkat elektabilitas calon-calon Bupati yang nantinya diusung.

“Sekarang ini kita siapkan untuk melakukan survai tingkat elektabilitas para calon kandidat,” ungkap Ketua DPD Partai Gerindra Lotim, Syawaluddin. Menjawab Suara NTB, Kamis, 17 November 2016, politisi partai berlambang kepala garuda ini menyatakan, nama-nama kandidat yang disurvai ada dari internal partai dan eksternal.

Iklan

Adapun  nama-nama tersebut, di internal ada mantan Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy yang disebut merupakan Ketua Dewan Penasihat Partai Gerindra. Kalangan internal lainnya Anggota DPRD NTB, H. Hamja. Nama lain adalah H. M. Sakduddin dan Ali Imran Bafadal.

Sementara itu di eksternal, disebut Syawaluddin, ada nama mantan Wakil Bupati Lotim, H. M. Syamsul Luthfi, Wakil Bupati Lotim petahana, H. Haerul Warisin, H. Nasruddin kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lotim saat ini yang beberapa kali juga sudah menyatakan kesiapanya serta anak kandung Bupati Lotim, H. Asrul Sani yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lotim.

Lebih jauh soal strategi Gerindra dalam Pilkada 2018 mendatang, menurut Syawaludin belum ada pembicaraan serius. Mengacu pada mekanisme partai, ada tahapan-tahapan penjaringan bakal calon yang harus dilalui oleh semua calon kandidat yang akan diusung Gerindra.

Untuk saat ini, katanya Gerindra masih fokus dalam menghadapi rencana akan dilakukannya verifikasi   ulang partai-partai yang akan menjadi peserta Pemilu. Dimana dalam aturan KPU akan dilakukan verifikasi dari parpol.

  Lantik Bupati Lotim dan Walikota Bima, Ini Pesan Dr. Zul

Gerinda katanya tidak mau kecolongan dan dinyatakan sebagai partai yang tidak lolos ambang batas parlemen. Diakui, dari jumlah suara yang sudah dikantongi Gerindra para Pemilihan Legislatif 2013 lalu, Gerindra sudah lulus verifikasi. Namun untuk bisa mengusung pasangan calon, ada rencana akan dilakukan verifikasi ulang.

Mengenai Pilkada Gubernur yang diketahui serentak pelaksanaannya dengan Pilkada Kabupaten Lotim, kata Syawaluddin pun belum ada pembicaraan. Informasinya diakui Ketua DPD Wilgo Zainar yang digadang-gadang akan menjadi salah satu kandidat. Atas nama partai, DPC Gerindra Lotim ini siap mendukung. Hanya saja sampai sejauh ini belum ada pembicaraan di tingkat DPD.

“Kita ingin persiapan yang lebih matang soal pencalonan, jadi kandidat yang akan diusung ini harus benar-benar mantap persiapannya,” demikian. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here