Pilkada Lobar, Calon Independen Harus Penuhi Syarat 40 Ribu Lebih KTP

Giri Menang (Suara NTB) – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dilaksanakan kurang lebih satu tahun lagi, tepatnya di tahun 2018 mendatang. Bagi calon yang ingin maju lewat jalur perseorangan atau independen, setidaknya harus mengantongi sebanyak 40 ribu lebih KTP sebagai salah satu persyaratan.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Lobar, Marlan yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 2 Maret 2017. Ia mengatakan, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) 2014 yang jumlahnya mencapai pemilih mencapai 475 ribu lebih.

Iklan

“Jika berdasarkan jumlah pemilih tersebut, calon perseorangan harus bisa mengumpulkan sedikitnya 8,5 persen KTP dari jumlah wajib pilih 475 ribu lebih atau sekitar 40 ribu lebih. Namun hal itu bisa berubah, karena kita masih menunggu aturan dan SK dari KPU pusat. Bisa saja ada perubahan,” jelasnya.

Dikonfirmasi mengenai adanya calon independen yang melakukan konsultasi terkait hal itu, Marlan mengakui sejauh ini belum satu pun masyarakat atau tokoh yang melakukan konsultasi dengan pihaknya. “Sejauh ini belum ada. Karena memang masih jauh pula,” katanya.

Mengenai tahapan pilkada, Marlan menegaskan tahapan pilkada akan mulai dilaksanakan pada September mendatang. Tahapan yang dimaksud, seperti pemutakhiran data, penyusunan anggaran, hingga melakukan verifikasi pemilih. Terlebih pada Pilkada serentak mendatang, KPU Lobar akan menangani dua pilkada, yakni pemilihan Gubernur NTB dan pemilihan Bupati Lobar. “Kita juga masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Jadi kita juga belum mengetahui secara pasti,” imbuhnya.

Terkait anggaran, lanjut pria yang sempat menjadi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lobar itu, berdasar pengajuan KPU ke Pemkab Lobar, nilai anggaran yang diajukan mencapai angka Rp 33,6 miliar. Namun dari informasi yang diperolehnya, pada tahap pertama ini KPU akan diberikan dana hibah sebesar Rp 4,5 miliar. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here