Wagub NTB Dinobatkan sebagai Perempuan Inspiratif Indonesia

Wagub NTB,Hj. Sitti Rohmi Djalilah dinobatkan sebagai Perempuan Inspiratif Indonesia tahun 2019 Bidang Pemerintahan oleh Ipemi. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Ketua MPR RI, Syarif Hasan pada pembukaan pameran bertajuk NTB Gemilang ‘’Nuansa Tanpa Batas’’, kemarin. (Suara NTB/ist)

Advertisement

Jakarta (Suara NTB) – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dinobatkan sebagai Perempuan Inspiratif Indonesia tahun 2019 Bidang Pemerintahan oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi). Penghargaan diserahkan oleh Wakil Ketua MPR RI, Syarif Hasan pada pembukaan pameran bertajuk NTB Gemilang ‘’Nuansa Tanpa Batas’’ yang berlangsung di Kantor Kementerian Perindustrian RI di jakata, Senin, 2 Desember 2019.

Rohmi mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai memiliki jasa, kiprah dan kontribusi bagi daerah, bangsa dan negara khusus di bidang pemerintahan. Wagub juga dinilai memiliki kepedulian terhadap lingkungan serta kehidupan bermasyarakat.

Umi Rohmi mengaku bersyukur atas penghargaan tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat NTB yang turut serta mendukung program pemerintahan.

Ketua Ipemi, Inggrid Kansil mengatakan, penghargaan tersebut diberikan tidak hanya karena jasa dan kontribusinya bagi daerah dan bangsa. Namun yang terpenting adalah, bagaimana kita sebagai generasi penerus  mampu mengambil semangat dan nilai-nilai dari perjuangan dan mengisi serta mengimplementasikan ke dalam karya dan kreasi nyata.

‘’Kami melihat, ibu-ibu yang menerima penghargaan Perempuan Inspiratif Indonesia ini sangat beragam kiprahnya,” katanya.

Penghargaan Perempuan Inspiratif Indonesia itu katanya, diberikan kepada perempuan dengan kiprah yang berbeda-beda. Ada yang konsen pada pemerintahan, sosial, UMKM, melestarikan tenun, peduli pada kerajinan, bidang politik, ekonomi dan budaya.

‘’Saya merasa ini adalah tanggung jawab dan kepedulian kita semua. Kaum ibu di tanah air atas semua kebijakan nasional dan internasional, dalam melaksanakan program atau aksi untuk memajukan masyarakat,’’ jelasnya.

Selain Wagub, sejumlah perempuan Indonesia juga dinobatkan sebagai Perempuan Inspiratif Indonesia pada acara tersebut.

Pameran Produk Unggulan UMKM

Dalam waktu yang bersamaan, sejumlah produk unggulan UMKM NTB dipamerkan di Jakarta. Kegiatan tersebut digagas Pemprov NTB bekerjasama dengan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi), BI  dan Bank NTB Syariah.  Pameran bertajuk Gemilang NTB “Nuansa Tanpa Batas” berlangsung di Kantor Kementerian Perindustrian dan dilaksanakan hingga 6 Desembar 2019 mendatang.

Wagub NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mendampingi Dirjen IKMA, Kementerian Perindustrian, Ati Wibawaningsih, dalam pameran produk UMKM NTB. (Suara NTB/ist)

Pameran tersebut dibuka Wakil Ketua MPR RI, Syarif Hasan didampingi sejumlah pejabat kementerian dan lembaga terkait. Termasuk Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), Kementerian Perindustrian, Ati Wibawaningsih.

UMKM unggulan NTB dipamerkan di 12 stand berupa mutiara Lombok, perhiasan dari kulit kerang,  batik Sasambo, tenun Bima,  tenun Sumbawa, tenun Lombok dan kerajinan lainnya. Selain itu, juga dipamerkan produk olahan seperti black garlic, tortila rumput laut, madu, dan aneka olahan ikan, kopi dan lainnya.

Wagub menjelaskan, pameran tersebut strategis untuk membuka jaringan pamasaran dengan palaku usaha, baik domestik maupun internasional. Sebab, para pelaku usaha akan melirik produk unggulan yang berkualitas. Hal itu dapat dilakukan dengan menampilkannya melalui pameran.

‘’Tujuannya untuk melakukan kerja sama dengan UKM binaan berkelanjutan setelah pameran serta mengetahui sejauh mana produk kita dilirik khususnya di luar daerah,’’ ujarnya.

Wagub berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi NTB. Sebab, pada pameran ini katanya ditampilkan semua potensi, baik itu alam, kebudayaan maupun hasil UMKM yang dikembangkan masyarakat NTB.

Sementara itu, Dirjen IKMA, Kementerian Perindustrian, Ati Wibawaningsih  mengatakan, mendukung pengembangan produk UMKM yang ada di NTB, khususnya produk kain tenun. ‘’Kita harus mendukung dan ini harus dikembangkan. Kalau kita lihat di NTB itu, tidak ada daerah yang nggak punya tenun,’’ ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tahun depan akan digelar Industrial Muslim Fashion Exhibition yang diharapkan akan diisi oleh tenunan asal NTB. ‘’Ke depan akan dilakukan pembinaan SDM bagi masyarakat NTB yang akan mengembangkan tenun. Kita akan berikan peralatan untuk mendukung program tersebut.’’ ‘’Saya harap, dari NTB mendominasilah kegiatan exhibition itu nanti,’’ harapnya.

Potensi mutiara juga akan dikembangkan secara profesional. Tentu katanya harus bekerjasama dengan para desainer dan pengusaha yang bergerak di bidang mutiara. Selain itu, program besar dari Kementerian Perindustrian untuk NTB adalah pengolahan ikan. Sebab, potensi ikan di NTB cukup besar, terutama ikan tuna. ‘’Potensi ikan tuna di NTB itu banyak sekali. Kita akan kembangkan,’’ katanya.

Srikandi NTB Pukau Penonton

Memeriahkan pembukaan pameran, ditampilkan kepiawaian Srikandi NTB dalam memainkan alat musik tradisional NTB, gamelan. Srikandi NTB yang dipimpin langsung Wagub NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah bersama sejumlah kepala OPD  perempuan, unjuk kebolehan.

Pada pembukaan pameran, para Srikandi NTB memainkan tiga tabuh yakni Tabuh Pembuka, Kadal Nongaq dan Galang Bulan.  (*)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.