Gugur Akibat Akreditasi PT, Para Pelamar CPNS Bisa Ajukan Keberatan ke BKD

Situs pendaftaran CPNS yang belum bisa diakses Jumat (22/11), karena gangguan sistem di pusat. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pendaftaran CPNS di Lombok Barat (Lobar) berakhir, Rabu, 27 November 2019. Hingga hari terakhir, jumlah pelamar CPNS yang mendaftar di Lobar mencapai Rp 3.877 orang. Dari formasi yang dibuka, ada sejumlah formasi masih kosong pelamar. Setelah masa pendaftaran berakhir, pihak Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM membuka masa sanggah. Pada masa sanggah ini, pelamar yang digugurkan lantaran tak memenuhi syarat (TMS) bisa mengajukan keberaan.

Khusus pelamar yang gugur akibat akreditasi kampus atau perguruan tinggi (PT) bisa mengajukan sanggah dengan melengkapi izin pendirian atau pembukaan program studi kampus. Pasalnya hasil konsultasi dengan BKN Regional Bali bahwa pelamar yang meng-upload sertifikat akreditasi tidak sesuai dengan tahun kelulusan bisa diluluskan.”Jam 11 malam tutup pendaftaran, setelah itu ada masa sanggah selama tiga hari (16-18 Desember),” jelas Kasubid Pengadaan Pegawai pada BKDPSDM Lobar H. Rizky Bani Adam, Rabu, 27 November 2019.

Saat ini, ujarnya, pihaknya tengah berada di Kantor Regional BKN Denpasar untuk konsultasi terkait dengan sertifikat akreditasi kampus PT. Hasil pertemuan dengan Kepala Kantor Regional, ujarnya, mengacu Permenpan RB bahwa akreditasi kampus saat kelulusan. Namun dengan adanya Permen Ristek Dikti Nomor 32 tahun 2014, di mana universitas yang berdiri atau dibuka periode tertentu dinyatakan terakreditasi. “Awalnya pelamar kami TMS, karena meng-upload sertifikat akreditasi tak sesuai dengan tahun lulus. Tapi pelamar yang sudah telanjur meng-upload dari sekarang bisa menyiapkan minta izin pendirian atau pembukaan program studi di kampusnya,” jelas dia.

Dijelaskan pelamar yang meng-upload sertifikat akreditasi tak sesuai dengan tahun lulus dinyatakan TMS, sehingga mereka bisa mengajukan sanggah dengan membawa bahan – bahan kelengkapan, seperti izin pendirian kampus atau pembukaan program studi. Pihaknya pun sudah mengumumkan di website terkait masa sanggah tersebut. Ia berharap agar semua pelamar yang gugur atau TMS memanfaatkan masa sanggah selama tiga hari. (her)