Pendaftar CPNS Kejaksaan 30.000 Pelamar

Paryono (Suara NTB/ars)

Advertisement

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan khusus melalui jalur dalam jaringan (daring) atau online akan ditutup Senin tanggal 25 November  2019 mendatang. Jumlah pendaftar  yang memasukkan berkas melalui Kejaksaan Tinggi NTB mulai baru 16 orang. Sementara yang jalur online secara nasional sudah mencapai sekitar 30.000 orang.

Menurut  Ketua Panitia Seleksi CPNS Kejati NTB, Paryono, SH, MH, jumlah pendaftar mulai hari pertama Rabu, 8 November 2019 lalu hanya delapan orang. Hari kedua, Kamis lalu empat orang. ‘’Hari ini ada masuk berkas empat orang lagi,’’ sebut Paryono Jumat, 22 November 2019.

Mereka yang menyerahkan berkas itu sebelumnya adalah pendaftar online. 16 orang yang menyerahkan berkas tersebut langsung dilakukan verifikasi kelengkapan.

Sementara waktu pendaftaran masih akan dibuka hingga 25 November atau bersamaan dengan proses penutupan jalur online. Paryono memperkirakan,  hari terakhir pendaftaran diperkirakan jadi puncak ramainya masuk berkas lamaran.

‘’Saya perkirakan mulai Senin yang banyak. Sebab penutupan Senin untuk online-nya,’’ kata Asisten Bidang Pembinaan Kejati NTB ini.

Masyarakat, khususnya yang memenuhi syarat, disarankan mengecek laman https://rekrutmen.kejaksaan.go.id/  untuk memastikan berkas yang dibutuhkan.

Pelamar yang datang ke Kejati NTB memang masih minim, tapi secara keseluruhan untuk pendaftar online mencapai 30.000 lebih.  Mereka akan memperebutkan jatah CPNS dan Jaksa untuk 5.203 formasi, untuk tingkatan SMA Sederajat untuk CPNS dan  strata satu untuk jaksa.

Mengenai proses verifikasi berkas sudah mulai  tanggal 20 November lalu dan akan berlangsung sampai tanggal 6 Desember mendatang. Dalam proses verifikasi  nanti, akan dicek juga tinggi badan, berat badan, serta kelengkapan berkas. Setelah semua lengkap, akan masuk masa sanggah selama tiga hari. Setelah disanggah, ada waktu tujuh hari untuk pelamar merespons sanggahan tersebut.

‘’Setelah itu ada pengumuman kelulusan dan mendapat nomor  tes. Sedangkan jadwal tes Computer Assistant Test (CAT) akan berlangsung Februari,’’ ujar mantan Kajari Sumbawa ini. (ars)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.