Ikut Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional, Bupati Turun Tangan Siapkan Desa Kembang Kuning

Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy memimpin rapat di Bale Kembang Kuning terkait persiapan menghadapi lomba desa wisata tingkat nasional. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Bupati Lombok Timur (Lotim) H. M. Sukiman Azmy turun tangan turut menyiapkan Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur yang menjadi wakil NTB adalam ajang Lomba desa wisata tingkat nasional tahun 2019. Menyambut rencana penilaian 23-26 Oktober mendatang, bupati menggelar rapat terbatas dengan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lotim di Bale Kembang Kuning, Kamis,  3 Oktober 2019.

Bupati meminta semua OPD serta pihak terkait lainnya termasuk desa yang ada di sekitar Kembang Kuning, untuk membantu persiapan Desa Kembang Kuning. Menurut Bupati, keberhasilan Kembang Kuning adalah keberhasilan Lotim. Keberhasilan tersebut dinilai akan berimbas kepada desa-desa lainnya di Lotim.

Orang nomor satu di Loti mini mengingatkan salah satu yang harus diperhatikan adalah kebersihan. Desa wisata ini harus bersih. Bupati menekankan, sisa waktu yang ada saat ini harus dimanfaatkan

untuk berbenah. Diperintahkan bupati agar memperbaiki hal-hal yang masih kurang. Termasuk bantuan fisik untuk keperluan tersebut diharapkan dapat difasilitasi OPD.

Terdapat empat poin dalam penilaian lomba desa wisata, yaitu atraksi dan aksesibilitas, Sumber Daya Manusia (SDM). SDM masyarakat dan pelaku industri pendukung pariwisata. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga harus siap.

Kepala Desa Kembang Kuning H. L. Sujian mengaku masih ada sejumlah hal yang harus disempurnakan, seperti penataan lingkungan dan kebersihan. Soal kebersihan ini, pihak pemerintah desa sudah  menyediakan tempat untuk pengolahan dan pemilahan sampah.

Kembang Kuning sejauh ini juga sudah berhasil mengembangkan wisata sebagai sumber pendapatan asli desa. Disebut, hasil usaha yang dijalankan ini bisa meraup Rp 300 juta keuntungan setahun. Pernah juga Pokdarwis Kembang Kuning ini juga cukup berprestasi dan pernak ikuti lomba di tingkat nasional. (rus)