Nasib 223 P3K Pemprov Masih Menggantung

Kepala BKD NTB, H. Fathurrahman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Meskipun sudah diumumkan lulus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada pertengahan Mei lalu. Namun, nasib 223 P3K Pemprov NTB yang merupakan eks honorer K2 tersebut masih menggantung.

Hingga saat ini, mereka belum diangkat secara resmi menjadi P3K. Belum diangkatnya ratusan P3K tersebut lantaran belum keluarnya Nomor Induk Pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

‘’Mungkin bisa ditanyakan ke BKN. Sampai sekarang belum keluar NIP mereka,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi di Mataram, Senin (2/9) siang.

Fathurrahman mengatakan, Pemprov dalam hal ini BKD NTB tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait SK pengangkatan 223  P3K yang sudah dinyatakan lulus seleksi. Namun hingga kini belum ada informasi resmi terkait hal tersebut.

Baca juga:  Kota Mataram Usulkan 600 CPNS dan P3K

Pada pertengahan Mei lalu, BKN memutuskan sebanyak 223 eks honorer K2 Pemprov NTB lulus menjadi P3K.  Dari 379 eks honorer K2 yang ikut seleksi, sebanyak 156 orang dinyatakan tidak lulus menjadi P3K Pemprov NTB. Sebanyak 223 eks honorer K2 yang lulus jadi P3K Pemprov NTB tersebut terdiri dari tenaga guru 205 orang dan penyuluh pertanian 18 orang.

Karena pengangkatan P3K hasil rekrutmen tahap I belum ada informasi dari pemerintah pusat. Maka rekrutmen P3K tahap II masih belum jelas. Meskipun pemerintah menyatakan akan membuka rekrutmen P3K tahap II pada 2019 ini.

Baca juga:  Rekrutmen 500 CPNS Dibuka, Ini Jadwal dan Rincian Formasinya

Pemprov NTB belum mengetahui secara pasti apakah rekrutmen P3K tahap II akan digelar tahun ini atau tidak. Karena pemerintah pusat akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu terkait P3K kepada masyarakat.

Beberapa hal yang akan disosialisasikan pemerintah pusat terkait P3K antara lain sistem penggajian, model rekrutmen dan sebagainya. Ia mengatakan Pemda mengharapkan rekrutmen P3K bisa dilakukan tahun 2019 ini untuk memenuhi kebutuhan pegawai yang masih kekurangan.

Untuk rekrutmen CPNS dan P3K tahun 2019, Pemprov NTB telah mengusulkan 800 formasi  ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). Dengan rincian, 500 formasi CPNS dan 300 formasi P3K. Untuk rekrutmen CPNS diperkirakan akan dilakukan Oktober mendatang. (nas)