Tiga Mantan Petugas KPPS di Desa Golong Narmada Terjangkit DBD

Kegiatan fogging di Desa Golong Kecamatan Narmada untuk mengurangi penyebaran penyakit DBD. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Tiga mantan petugas KPPS Desa Golong Kecamatan Narmada terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kondisi ketiga petugas KPPS ini pun saat ini berangsur pulih, setelah ditangani intensif di Rumah Sakit Awet Muda Narmada.

Kepala Desa Golong, H. M. Zainuddin mengatakan, ada tiga warganya di Dusun Peninjauan terjangkit DBD.  “Tiga KK terjangkit DBD atas nama Ketut Alsa, Nengah Santika dan Ketut Parna. Mereka ini anggota KPPS,” jelasnya, Jumat,  3 Mei 2019.

Merespon adanya warganya yang terjangkit DBD, pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Dikes melalui UPT Puskesmas Sedau. Pihak Dikes pun langsung menindaklanjuti dengan melakukan deteksi jentik nyamuk di wilayah setempat.

Pihak Dikes pun mengadakan fogging di daerah itu. Fogging,diadakan Kamis kemarin, di mana Dikes menurunkan 4 personel. Sebelum melakukan fogging pihaknya menggelar sosialisasi dengan mengundang para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan perempuan untuk ikut berpartisipasi melakukan

pencegahan melalui kegiatan PSN. “Kami melakukan gotong-royong 3M plus (menguras, menutup dan mengubur) semua jentik nyamuk yang ada,” jelas dia.

Tak sampai di situ, pihaknya bersama warga menggelar bersih-bersih di setiap rumah. Pihaknya melibatkan segenap masyarakat dan sekolah di desa setempat. “Kita juga koordinasi dengan kecamatan,” jelas dia.

Menurut dia, kasus DBD ini tumben ditemukan di wilayahnya. Sebab selama ini belum pernah ditemukan DBD di daerahnya. Penyebab DBD ini, adanya jentik nyamuk akibat lingkungan kurang bersih.

Kepala UPT Puskesmas Sedau Junaidi membenarkan ketiga warga Desa Golong terkena DBD. Ketiga warga ini pun telah mendapatkan penanganan pertama di puskesmas, namun karena Puskesmas Sedau bukan puskesmas perawatan, sehingga dirujuk pasien tersebut ke Rumah Sakit Awet Muda. “Ketiganya menjalani opname di Rumah Sakit Awet Muda,” jelas dia. Kondisi saat ini ketiga pasien sudah pulih dan dibolehkan pulang ke rumah masing-masing. (her)