Masyarakat Utan Gelar Festival Srikaya

Camat Utan memperlihatkan srikaya Utan. Kecamatan Utan menggelar Festival Srikaya dan Aneka Kuliner 2019 dengan menggandeng sejumlah pemangku kepentingan. (Suara NTB/arn)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Musim buah srikaya atau “sakaya” dalam bahasa Sumbawa menjadi momentum bagi Pemerintah dan masyarakat Kecamatan Utan menggelar Festival. Terlebih Kecamatan Utan telah dikenal sebagai pusat penghasil buah srikaya di Kabupaten Sumbawa.

Bertempat di Lapangan KONI Utan, Pemerintah Kecamatan bersama jajaran Pemerintah Desa, BUMDes, BUMDesMA, para pendamping desa dan pendamping lokal desa, tim inovasi desa, dan masyarakat menggelar Festival Srikaya dan Aneka Kuliner Tahun 2019.

Camat Utan Muhammad Nur, menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan kecamatan dan desa dan elemen-elemen terkait serta dukungan masyarakat sehingga agenda Festival Srikaya ini berlangsung lancer dan meriah.  Festival srikaya ini akan mampu menjadi penghimpun hasil kegiatan BUMDes Bersama terhadap produk unggulan maupun produk olahan desa. “Termasuk juga menghimpun potensi srikaya dan kuliner di Kecamatan Utan,” ujarnya.

Ke depan, lanjut Nur, pemerintah mengharapkan agar kerjasama antar BUMDes dan BUMDes Bersama di Kecamatan Utan bersama Tim Inovasi Desa dapat terus berinovasi dalam mengolah dan memasarkan produk unggulan desa-desa di Kecamatan Utan.

Pada festival srikaya tahun ini, selain menampilkan Srikaya dan makanan/minuman berbahan dasar Srikaya seperti es srikaya, pudding srikaya, kue keranjang srikaya, plopo srikaya dan lainnya. Juga menampilkan produk unggulan lainnya seperti madu trigona maupun madu hutan Sumbawa. Tak ketinggalan juga ekspo Pakan Ternak yang diolah dari jagung produksi BUMDes Bersama, ikan teri, abon ikan dan beberapa produk lainnya sesuai potensi wilayah desa masing-masing. “Di masa mendatang, Festival Srikaya akan dikemas lebih baik dan akan diusulkan sebagai bagian dari Festival Pesona Moyo”, pungkas Nur. (arn)