Batu Payung Runtuh, Ini Reaksi Wakil Rakyat NTB

Hj. Ermalena MHS - Batu Payung (Wikipedia/dok)

Mataram (Suara NTB) – Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan NTB, Hj. Ermalena MHS, mengaku terpukul dengan peristiwa ambruknya Batu Payung. Salah satu ikon wisata di NTB ini menurutnya telah memiliki reputasi dan popularitas yang mendunia. Ermalena mengaku sedang mengupayakan adanya dukungan Kementerian Pariwisata untuk menyikapi kejadian ini.

“Runtuhnya Batu Payung ini menjadi berita yang menyedihkan kita. Seharusnya tidak boleh terjadi. Kenapa, karena ini merupakan ikon wisata Nusa Tenggara Barat,” ujar Ermalena saat ditemui wartawan di sela kegiatannya di Selong, Lotim, Minggu (7/4).

Meski cukup terpukul dengan kejadian ini, namun Ermalena mengaku ada hikmah positif yang bisa dipetik dari kejadian ini. Salah satunya adalah pembelajaran mengenai pentingnya menjaga destinasi wisata yang telah kita miliki.

Ermalena tak memungkiri, selama ini banyak sekali destinasi wisata yang ikonik, tapi tidak dikelola dengan baik. Batu Payung, menurutnya adalah salah satunya. Karena itulah, ia pun berharap pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan menjadikan ambruknya Batu Payung sebagai pembelajaran. Bahwa, sebuah destinasi wisata harus dipelihara dan dijaga eksistensinya dengan sepenuh hati.

Baca juga:  NTB Bersiap Sukseskan APGN 2019

“Ini menjadi pembelajaran kita semua untuk sungguh-sungguh menjaga seluruh aset di NTB ini agar ke depan ini betul-betul menjadi pembelajaran kita. Karena ini adalah kebanggaan kita,” tegasnya.

Politisi perempuan yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi IX ini menegaskan, Batu Payung adalah salah satu ikon yang kerap menjadi materi sosialisasinya dalam proses edukasi anak-anak. “Dalam beberapa tahun ini sesungguhnya saya sudah menyosialisasikan kepada anak-anak PAUD, anak-anak TK. Untuk mewarnai. Salah satunya, mewarnai yang namanya Batu Payung itu,” ungkapnya.

Ia menegaskan, hal ini karena anak-anak juga perlu diajari sejak dini mengenai ikon-ikon yang menjadi simbol kebanggaan daerah. “Dan Batu Payung itu salah satunya,” tegas politisi PPP ini.

Baca juga:  NTB Bersiap Sukseskan APGN 2019

Ermalena berharap, ada jalan keluar yang disiapkan oleh pemerintah daerah agar simbol pariwisata NTB yang saat ini runtuh bisa diperbaiki. Terkait rencana Pemkab Lombok Tengah untuk memugar Batu Payung, Ermalena menegaskan dukungannya. Ia pun berharap rencana ini benar-benar bisa direalisasikan secara teknis.

Sebagai wakil rakyat NTB, dirinya juga akan segera mengkomunikasikan persoalan ini dengan Kementerian Pariwisata. Menurutnya, pemerintah sebagai salah satu pemangku kepentingan juga perlu memberikan perhatian atas kejadian ini. Apalagi, Batu Payung adalah salah satu destinasi yang telah menasional, bahkan mendunia.

“Apalagi ini kan NTB sudah ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia. Jadi seharusnya bisa. Sebagai anggota DPR RI, tentu saya akan melakukan sounding di Jakarta dengan Kementerian Pariwisata. Mohon doa kepada seluruh warga NTB, mudah-mudahan ini bisa kita segerakan,” pungkas Ermalena. (r/*)